Pilkades Kaur, 16 Petahana Tumbang

Pilkades Kaur, 16 Petahana Tumbang

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Hajatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 66 desa di Kabupaten Kaur, sudah dilaksanakan Kamis (9/12). Hasilnya cukup mengejutkan, karena 16 calon Kades yang merupakan petahana (Kades lama), harus merelakan tahtanya untuk dijabat pendatang baru.

Berdasarkan hitungan cepat yang berhasil direkap wartawan BE kemarin (9/12), dari sebanyak 186 peserta, terdapat 153 Cakades baru dan 33 petahana yang ikut dalam pesta demokrasi itu. Namun dari total 33 calon petahana, 16 diantaranya mengalami kekalahan.

“Ya dari 66 desa yang menggelar Pilkades, ada sekitar 33 calon incumbent yang maju kembali, tapi hanya sekitar 16 incumbent saja yang berhasil unggul dalam perolehan suara sedangkan sisanya kalah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur, Asdiarman S SSos, Kamis (9/12).

Ditambahkannya, untuk penetapan Kades terpilih sesuai dengan hasil pleno yang dilakukan oleh panitia tingkat desa yang akan diserahkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan dari BPD akan diserahkan ke camat yang kemudian diserahkan ke bupati dan DPMPD.

\"Jadi selesai pencoblosan kemarin langsung dilakukan penghitungan di setiap TPS, dan dari hasil penghitungan itu pihak panitia desa kemudian melakukan pleno serta menetapkan Kades terpilih nantinya,” tandasnya.(618)

Nama-nama Cakades Petahana

1.Kecamatan Kinal Desa Gunung Megang, Mersiawan (menang) Desa Papahan, Adnan SE (menang)

2. Kecamatan Tanjung Kemuning. Desa Aur Ringgit, Risman (kalah) Desa Beriang Tinggi, Tambang Bugianto (menang) Desa Tanjung Aur 2, Guhan Aidi (menang)

3. Kecamatan Kaur Selatan Desa Suka Bandung, Burman Sahedi (kalah) Desa Pasar Baru, Upik Johan (kalah) Desa Sawah Jangkung,Yulian Lakoni (menang) Desa Sinar Pagi, Nazarudin (menang) Desa Padang Genteng, Zahrul Wardi (kalah)

4. Kecamatan Maje Desa Air Long, Suryadi, (kalah) Desa Tanjung Aur Agustiyawan (kalah) Desa Penyandingan, Suparyoto (kalah) Desa Tanjung Agung, Ahmadi Supardi (kalah) Desa Argamulya, Samirin (menang) Desa Sumber Harapan, Tapsir (draw)

5. Kecamatan Nasal Desa Sukajaya, Muchlisin (menang) Desa Pasar Baru Edrwarsyah (menang) Desa Tri Jaya, Wahyudi (kalah) Desa Sinar Bantem, Sarnak (menang)

6. Semidang Gumay Desa Mentering, Bariyansyah (menang) Desa Gunung Tiga 2, Ruslan Arizal (kalah) Desa Mesria Baru, Herdianto (menang)

7. Kecamatan Kelam Tengah Desa Tanjung Ganti 2, Evawan Zairin (kalah) Desa Talang Marap, Janusi Ansa (kalah) Desa Sukarami 2, Her Kuspi (menang)

8. Kecamatan Luas Desa Padang Jati, Mansur S (kalah)

9. Kecamatan Tetap Desa Kepahyang, Ismail (kalah) Desa Sukaraja, Kasim (kalah)

10. Kecamatan Lungkang Kule. Desa Sinar Bulan, Ujang Radiosaili (menang) Desa Datar Lebar 2, Adi Kurniawan (kalah)

11. Kecamatan Pagulir Desa Gunung Kaya, Yayan Sujarmanto (menang)

12 Kecamatan Pagulu. Desa Margo Mulyo, Mashuda (menag)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: