186 Cakades Bertarung di Kaur

186 Cakades Bertarung di Kaur

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Sebanyak 66 desa di 11 Kecamatan Kabupaten Kaur, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada hari ini, Kamis (9/12). Dalam Pilkades serentak ini ada 186 calon Kepala Desa (Cakdes) akan bertarung mengikuti gelaran tersebut.

“Sesuai dengan jadwal kita, besok (hari ini) Kaur akan mengelar Pilkades serentak yang diikuti sebanyak 186 calon dari 66 desa di wilayah Kabupaten Kaur,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur, Asdiarman S SSos, Rabu (8/12).

Dikatakan Asdiarman, dari 186 Cakades itu diantaranya 44 petahana, perangkat desa 14 orang, BPD tiga orang dan sisanya dari kalangan masyarakat biasa. Dimana dalam persiapan Pilkades ini, sejumlah panitia Pilkades sudah melakukan pendistribusian logistik di kecamatan dengan pengawalan dari petugas kepolisian dan TNI.

Pendistribusian logistik tersebut berjalan dengan lancar tanpa terkendala apapun. Di desa pelaksana Pilkades sendiri juga sudah disiapkan tenda untuk lokasi Pilkades. Juga untuk menjamin keamanan dan kenyamanan terkait pencegahan munculnya klaster penyebaran Covid-19, maka telah dilakukan pemberlakuan dan penerapan SOP protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Untuk distribusi logistik sudah kita distribusikan ke pihak kecamatan dan setelah itu pihak kecamatan akan mendistribusikannya ke desa yang menyelengarakan Pilkades. Terkait jaminan keamanan kita bersinergi dengan TNI, Polri dan Satpol PP,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim ST yang langsung melakukan monitoring pendistibusian logistik Pilkades di Kecamatan Maje dan Nasal kemarin (8/12). Ia meminta kepada semua pihak agar bisa menjaga kondusivitas antar pendukung, mampu memberikan pengertian kepada masyarakat supaya tidak terjadi kericuhan. Kepada sesama calon diharapkan agar saling menghargai dan menjaga massa dan pendukungnya untuk menjaga situasi kondusif.

“Pemilihan kepala desa ini menentukan desa masing-masing untuk enam tahun ke depan. Dengan nanti terpilihnya Kades saya harapkan bisa bahu membahu gotong-royong untuk membangun di setiap desanya masing-masing sesuai program Bupati mewujudkan Kaur Berseri,” harapnya.

Ditambahkannya, ia juga mengimbau agar pelaksanaan Pilkades serentak hari ini (9/12), dapat berjalan kondusif dan bermartabat. Juga minta kepada para calon kepala desa dan masyarakat yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kaur untuk selalu menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan ketertiban masyarakat.

“Saya minta kepada masyarakat yang datang ke TPS agar selalu memperhatikan Prokes Covid-18 dengan selalu pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Karena jangan sampai dalam pelaksanaan Pilkades besok (hari ini) munculnya klaster penyebaran Covid-19,” harapnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: