Tetap Netral dan Jaga Prokes

Tetap Netral dan Jaga Prokes

\"\"BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Guna mematangkan kesiapan personil dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kaur, jajaran Polres Kaur Senin (6/12) pagi menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades serentak. Apel ini digelar di halaman Mapolres Kaur dan dipimpin Bupati Kaur H Lismidianto SH MH serta dihadiri Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono S Ik MH, kepala FKPD dan OPD dan jajaran Polres Kaur.

Dalam amanatnya, bupati menyampaikan pemilihan kepala desa serentak dilaksanakan bertepatan di masa pandemi Covid-19. Untuk itu ia berpesan, semua pihak harus menerapkan Prokes sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat. Karena kesehatan dan kepentingan masyarakat juga merupakan proritas bersama.

“Saya minta kepada pemilih dan panitia Pilkades juga pihak pengamanan agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19, sehingga proses pemilihan tersebut aman dan lancar,” kata bupati dalam amanatnya, Senin (6/12).

Dikatakan bupati, di Kabupaten Kaur, pada tahun 2021 ini merupakan gelaran Pilkades serentak yang keempat kalinya. Gelombang pertama telah dilaksanakan pada tahun 2015, dan gelombang kedua tahun 2017, gelombang ketiga tahun 2020 yang karena kondisi pandemi Covid-19 dilaksanakan pada Februari 2021 diikuti oleh 115 desa dan Gelombang keempat dilaksanakan bulan Desember tahun 2021 ini, diikuti oleh 66 desa di 15 kecamatan.

Disini perlu mendapat perhatian antara lain adalah potensi terjadinya konflik antar pendukung, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi mengarah anarkis, intimidasi kepada panitia, calon, pemilih beberapa kerawanan Pilkades secara keseluruhan apabila tidak diantisipasi dengan baik.

“Di sini yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sikap netralitas para penyelenggara pemilihan kepala desa yaitu panitia pemilihan kepala desa agar bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku dan jangan memihak kepada calon salah satu kepala desa,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono S.Ik MH juga menyampaikan, dimana dalam pelaksanaan Pilkades serentak 9 Desember ini. Pihaknya menurunkan petugas keamanan dari unsur Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas akan disebar di 86 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 66 desa di 11 Kecamatan Kabupaten Kaur. Kapolres juga menekankan petugas pengamanan untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan di lokasi pemungutan suara.

“Pengamanan merupakan tanggungjawab bersama dengan unsur terkait dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades yang aman dan damai. Oleh karena itu, jaga netralitas dan bangun komunikasi yang humanis dan jangan lupa patuhi Prokes Covid-19,” imbau Kapolres. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: