Gelar Job-Fit Jabatan Eselon II

Gelar Job-Fit Jabatan Eselon II

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM sepertinya dalam waktu dekat akan menggelar mutasi pejabat eselon II. Pasalnya mutasi pejabat eselon III dan IV sudah dua kali digelar di penghujung tahun 2021 ini. Untuk itu, sebelum mutasi digelar, Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Daerah Bengkulu Selatan akan melakukan evaluasi kinerja Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II melalui pelaksanaan Job-Fit.

\"Job-Fit akan digelar tiga hari mulai kamis (2/12) hingga Selesai,\" kata Kepala Dinas Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (DKPSDM) BS, H Minarman SH didampingi sekretarisnya, Didi Kristiwan SE.

Dikatakan Iwan, sapaan akrab sekretaris DKPSDM BS ini, Job -Fit atau yang juga biasa disebut dengan person-job fit, adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu jabatan melalui kepribadian, soft skills, pengalaman, dan nilai-nilai (values) yang mereka miliki dalam bekerja. Penilaian untuk kecocokan ini untuk melengkapi penilaian kecocokan dari segi latar belakang pendidikan dan hard skills atau keterampilan/pengetahuan teknis. Penilaian ini didasarkan pada teori bahwa ada karakteristik tertentu yang paling cocok untuk posisi-posisi tertentu dan kurang cocok untuk posisi lainnya.

\"Dengan Job-Fit ini diharapkan nantinya pejabat yang ditempatkan pada jabatannya benar-benar mampu bekerja maksimal,\" ujarnya.

Dijelaskan Iwan, pelaksanaan Job-Fit dimulai kamis (2/12) pagi sekitar pukul 09:00 wib di aula Bappeda dan Litbang BS. job- fit akan diikuti oleh 28 pejabat. Adapun tahapan yang akan diikuti yakni tes tertulis, rekam jejak dan wawancara. Sehingga nantinya pejabat yang ditempatkan memiliki kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang sudah dilakukan selama ini, kemudian dihubungkan dengan job yang ada.

\"Hasil Job-fit nanti akan digunakan sebagai dasar mutasi pejabat. Adapun waktu mutasi sepertinya dalam waktu dekat ini,\" terangnya.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM membenarkan jika dalam waktu dekat dapat menggelar mutasi pejabat eselon II. Terlebih mutasi pejabat eselon III dan IV sudah selesai. Untuk mutasi pejabat eselon II, dirinya memastikan nantinya penempatan para pejabat sesuai dengan skil dan kemampuannya. Terlebih lagi sebelumnya sudah digelar Cascading dan kemudian digelar Job -fit. Sehingga pejabat yang akan menempati jabatan tertentu diharapkan benar-benar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

\"Secepatnya pejabat eselon II akan saya mutasikan, demi memaksimalkan kinerja masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD),\" ujar Gusnan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: