Kue Tat BS Juara 2 Nasional

Kue Tat BS Juara 2 Nasional

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Bengkulu Selatan (BS) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional pada malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API). Jika pada API tahun 2020, pendap BS meraih tiga besar masakan khas Indonesia, pada API Tahun 2021 yang dilaksanakan di Musi Banyu Asin Sumatera Selatan, Selasa malam (30/11), Bai Tat yang merupakan kue tradisional khas Bengkulu Selatan, mendapatkan juara II sebagai nominator makanan tradisional terbaik tingkat nasional.

\"Alhamdulillah pada malam API tahun 2021 di Musi Banyu Asin, Kue Tat kita dapat juara dua nasional,\" kata Wakil Bupati BS, H Rifai Tajudin SSos yang ikut hadir pada malam API 2021 tersebut.

Dikatakan Wabup, dengan raihan tersebut diharapkan ke depannya produk khas BS tersebut dapat semakin dikenal di tingkat Nasional. Sebab sebelumnya pendap BS sudah lebih dikenal terlebih dahulu. Dengan kemenangan tersebut, dirinya berharap dapat semakin mendongkrak wisata ke BS. Sehingga nantinya warga yang berkunjung ke BS tidak hanya sekedar menikmati obyek wisata BS. Namun juga produk khas BS dapat menarik minat wisatawan.

\"Semoga ke depannya produk khas kita semakin dikenal dan bisa menunjang kunjungan wisatawan ke BS,\" harap Wabup.

Kepala Dinas Pariwisata BS, Drs H Yulian Fauzi MAP mengatakan API tersebut merupakan Event Nasional Setahun sekali. Event tersebut digelar dalam rangka mendongkrak dan pengembangan promosi pariwisata Indonesia. BS sudah dua tahun terakhir selalu mendapatkan nominasi dan penghargaan pada nominasi makanan tradisional setelah tahun sebelumnya Pendap, dan tahun ini diraih oleh Kue Bai Tat.

Dikatakannya, Malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia 2021. Pada API 2021 ada 18 kategori yang diperlombakan, BS mendapat juara dua nasional pada masakan khas, pada kate gori ini yang menjadi juara pertama yakni Kue Lontar dari Kabupaten Pak Pak dan juara tiga roti Mantao dari Kota Pare-Pare. Pada penyelenggaraan tahun ini diikuti 136 Kabupaten/Kota serta 27 Provinsi dengan 723.011 vote yang masuk.

\"Prestasi ini suatu kebanggaan bagi BS sebab nama BS bisa dikenal kembali di tingkat Nasional,\" ujarnya.

Yulian mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Bengkulu dan warga BS khususnya yang telah mendukung kue Tat BS pada lomba API tersebut. Sehingga bisa meraih prestasi juara dua nasional. Dirinya berharap atas prestasi ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan pariwisata di BS.

\"Semoga dengan prestasi ini pariwisata di BS bisa semakin maju,\" harap Yulian. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: