LP2L2 Binaan PLN Raih Penghargaan

LP2L2 Binaan PLN Raih Penghargaan

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com- Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (LP2L2) Kabupaten Kepahiang meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional. Lembaga yang dikelola oleh Holidin dan rekan-rekan di Desa Tabat Monok Kecamatan Kepahiang yang merupakan mitra binaan TJSL PLN UPDK Bengkulu dari tahun 2017, meraih penghargaan anugerah konservasi alam kategori dedikasi pada penangkaran puspa langka dan dilindungi. Yaitu penangkaran puspa langka bunga Bangkai (Amorphopallus Titanum) serta bunga Rafflesia.

Penghargaan bergengsi itu diterima Holidin saat puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021 yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Kupang dan Pantai Lasiana tanggal 22-24 November 2021. Direktorat Jenderal Konservasi KSDAE memberikan penghargaan kepada pimpinan daerah/aparat, masyarakat yang telah memberikan kontribusinya dalam upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistem. \"Penghargaan yang didapat ini tentunya tidak lepas dari dukungan dari PLN UPDK Bengkulu dalam bentuk support dana TJSL dari PLN UPDK Bengkulu, dalam menjaga kelestarian alam dan budaya serta mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tema HKAN 2021, Bhavana Satya Alam Budaya Nusantara, Memupuk Kecintaan Pada Alam dan Budaya Nusantara, salam konservasi.’’ tutur Holidin.

Holidin cs lewat LP2L2 sudah sejak lama menjadi mitra binaan TJSL PLN UPDK Bengkulu dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 dalam melestarikan bunga Rafflesia Arnoldi dan bunga Bangkai (Amorphopallus Titanum). PLN menyalurkan bantuan total senilai Rp 279 juta untuk pengembangan taman konservasi flora langka tersebut yang terletak di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Selama menjadi Mitra Binaan PLN, program tersebut pernah mendapatkan penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) tahun 2019 kategori GOLD, dengan judul program menjaga puspa langka di Bumi Raflesia. \"Atas penghargaan yang didapat bapak Holidin dan rekan-rekan kita ucapkan selamat atas penghargaannya dalam acara Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2021 di Taman Wisata Alam Teluk Kupang, NTT. Semoga LP2L2 yang di Ketua Bapak holidin beserta Tim dengan penghargaan ini dapat meningkatkan pelestarian puspa langka Rafflesia dan Amorphopallus di kanca nasional maupun internasional ,\" tutur Manager PLN UPDK Bengkulu, Nyoman Budha.

Menurut Nyoman, penghargaan yang diraih mitra binaan PLN UPDK Bengkulu menjadi prestasi tersendiri bagi PLN UPDK Bengkulu serta sebagai bukti nyata PLN turut menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan sekitar. Peringatan hari konservasi alam nasional ini mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem alam. Sehingga konservasi dapat menjadi bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa Indonesia. \"Tema peringatan HKAN tahun 2021 adalah bhavana satya alam budaya nusantara, memupuk kecintaan pada alam dan budaya nusantara,\" pungkasnya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: