Dokumen Perizinan Telah Disampaikan

Dokumen Perizinan Telah Disampaikan

TAIS, bengkuluekspress.com - Selangkah lagi keberadaan investor tambang pasir besi, di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan bakal terwujud. Pasalnya, dokumen perizinan milik perusahaan PT. Paming Lepto, sudah disampaikan langsung ke Kepala Desa, Hertoni, Jumat lalu dalam bentuk bundelan dokumen tebal.

\"Berkas perizinan sudah diberikan. Mulai dari titik koordinat tambang, study kelayakan, peta lokasi kawasan tambang, serta UKLUPL, lengkap dalam bundel disampaikan ke Kadesnya Jumat lalu,\" tegas Humas PT Paming Lapto, Husni Thamrin SH MH, kepada wartawan.

Ditegaskan, jika dalam bundel perizinan tersebut terciptalah dokumen perizinan dari Kementerian serta izin GHU kawasan. Namun terpenting jelasnya, perizinan sudah dikeluarkan dan dengan tegas lagi, jika kawasan HGU tidak termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam (CA).

\'\'Yang penting Kementerian Lingkungan tidak akan mengeluarkan izin jika kawasan usaha dan tambang masuk kedalam CA,\" sampainya.

Husni menegaskan, jika tambang pasir besi ini sudah melakukan kajian mendalam. Termasuk kawasan setelah dilakukan penambangan, maka kewajiban utamanya adalah reboisasi. Mengembalikan seperti kondisi awal. Menurutnya, dari tambang pasir besi sebanyak 10 mobil, namun hanya pasir besi saja yang diambil dan kemungkinan besar itu membuahkan hasil satu mobil dan ini kita sesuaikan dengan kondisi di Pasar Seluma.

\"Reboisasi eks tambang harus dan wajib. Dan kita sudah lakukan seperti di Kalimantan dan Kaur,\" sampainya.

Dengan beroperasinya tambang pasir besi ini lanjut Husni, bertambah lagi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Seluma terutama desa, jelas akan menerima dampak langsung dari keberadaan tambang itu sendiri. Mulai dari tenaga kerja dan sarana fasilitas umum pun juga akan dibangun, seperti Puskesmas pembantu yang menggratiskan warga setempat untuk berobat. Sekali lagi, PT. Paming Lepto siap mendukung dan mensukseskan program bupati dan wakil bupati Seluma dalam mewujudkan Seluma Alap. Sesuai dengan visi dan misi.

\"Tidak ada aturan yang kita langgar. Semua kita ikuti sesuai prosedurnya. Termasuk kewajiban nantinya, semua akan kita ikuti dan laksanakan,\" tukasnya.

Seluma saat ini sangat membutuhkan anggaran untuk mensukseskan semua program pro masyarakat yang digagas. Kehadiran investor yang akan berinvestasi merupakan jawaban. Sesuai dengan salah satu visi yakni Seluma mudah berinvestasi.

\"Mudah bukan berarti gampang, jadi jangan salah artikan. Aturan harus tetap ditaati, dan ini telah diikuti oleh PT. Paming Lepto,\" pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: