Usul Dana BPJS Rp 30 M

Usul Dana BPJS Rp 30 M

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bengkulu Selatan (BS), khususnya masyarakat miskin. Dinas Kesehatan BS mengupayakan tersedianya dana untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sehingga seluruy masyarakat miskin di BS bisa berobat gratis.

\"Untuk dana BPJS Kesehatan tahun 2022 kami usulkan Rp 30 Miliar,\" kata Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto SSos MSi.

Dikatakan Siswanto pada tahun 2021, pelayanan kesehatan di BS tidak bisa maksimal. Pasalnya pada tahun ini hanya dianggarkan Rp 1,2 M. Padahal harus membiayai berobat sebanyak 42 ribu orang. Sedangkan untuk biaya berobat 42 ribu warga miskin dibutuhkan dana Rp 18 Miliar.

\"Makanya dengan dana hanya Rp 1,2 M, warga hanya berobat di rumah sakit umum Manna, tidak bisa keluar,\" ujarnya.

Dengan diusulkan Rp 30 Miliar, sambung Siswanto tidak hanya 42 ribu warga miskin BS yang bisa dilayani untuk berobat gratis. Namun masih ada 11 ribu lagi warga miskin yang bisa dilayani. Sehingga totalnya menjadi 53 ribu orang. Demgan begitu, seluruh warga miskin BS bisa berobat gratis.

\"Kalau anggaran BPJS sebesar Rp 30 M, maka seluruh warga miskin di BS bisa berobat gratis,\" imbuhnya. Dijelaskan Siswanto, dengan dianggarkan Rp 30 M untuk dana BPJS, maka warga miskin BS tidak hanya dilayani berobat hingga rumah sakit umum Manna. Namun bisa juga hingga berobat ke luar daerah. Sebab sepanjang tahun 2021 ini, warga yang berobat hanya sebatas rumah sakit Umum BS. Sehingga saat mau berobat ke luar daerah, mereka harus biaya sendiri.

\"Mudah-mudahan bisa dikabulkan, agar warga miskin bisa berobat gratis sampai sembuh,\" harap Siswanto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: