Distan Garap Bengkel Alsintan

Distan Garap Bengkel Alsintan

TAIS, bengkuluekspress.com - Rencana Dinas Pertanian (Distan) Seluma membentuk bengkel keliling alsintan mulai digarap. Anggaran untuk membentuk bengkel keliling Alsintan ini akan dimasukan dalam usulan KUA PPAS APBD 2022.   Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial, SP MSi mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan kajian dan menghitung kebutuhan anggaran yang diperlukan membentuk bengkel alsintan tersebut.

\"Usulan anggarannya kita masukan dalam KUA PPAS APBD 2022,\" tegasnya.

Karena baru akan membentuk kata Arian, anggaran yang dibutuhkan cukup besar, mencapai Rp 800 juta. Anggaran tersebut untuk pengadaan peralatan termasuk mobil khusus yang akan digunakan untuk bengkel alsintan nantinya.

\"Yang besar itu untuk pengadaan mobilnya. Karena selain double gardan, mobil akan dimodifikasi khusus untuk peralatan bengkel tersebut,\" jelasnya.

Lanjutnya anggaran sebesar tersebut nantinya juga akan dibelikan peralatan bengkel. Seperti kunci-kunci, suku cadang alsintan serta kompresor yang dibutuhkan bengkel keliling nantinya.

\"Dana sebesar tersebut, semuanya untuk pengadaan peralatan bengkel. Dengan anggaran tersebut, bengkel sudah dapat beroperasi,\" katanya.

Dirinya berharap usulan anggaran bengkel keliling alsintan ini diakomodir tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan DPRD Seluma. Mengingat keberadaan bengkel ini sangat dibutuhkan oleh petani atau kelompok tani pemegang mesin alsintan ini.

\"Kita sudah lakukan survei, memang bengkel ini sangat dibutuhkan. Banyak alsintan yang rusak, sehingga dengan adanya bengkel ini nanti alsintan tersebut dapat diperbaiki dan digunakan kembali oleh petani,\" sampainya.

Sementara itu rencana bengkel keliling alsintan ini sangat diapresiasi DPRD Seluma. Anggota Komisi III DPRD Seluma, Yudi Harzan, SH mengatakan bengkel ini dinilai sangat tepat dan dibutuhkan para kelompok tani pemegang bantuan alsintan yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma.

\"Sangat bagus ini, saya sangat mendukung. Memang bengkel alsintan ini sangat dibutuhkan oleh para kelompok tani,\" kata Yudi.

Menurut politisi Partai Golkar Seluma ini, selama ini jika ada kerusakan terhadap alsintan. Kelompok tani memperbaiki sendiri, yang tentunya dengan biaya sendiri. Sehingga banyak ditemui alsintan yang rusak, tidak ada anggaran atau biaya untuk memperbaiki.

\"Ini solusi tepat menjawab kebutuhan petani. Jadi rencana ini harus direalisasikan dan diwujudkan oleh Dinas Pertanian Seluma,\"sampainya.

Oleh karena itu lanjut Yudi, dirinya meminta Dinas Pertanian Seluma segera membuat usulan pembentukan bengkel keliling ini di KUA PPAS APBD 2022. Agar dapat dianggarkan kebutuhan biaya pembentukan bengkel keliling alsintan ini. \"Buatlah usulannya, nanti ini akan kita prioritaskan saat pembahasan di APBD,\" pintanya.

Terpisah Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE juga sangat mengapresiasi Dinas Pertanian Seluma yang akan membentuk bengkel keliling alsintan ini. Dirinya meminta agar usulan tersebut segera dibuat agar dapat dibahas di TAPD.

\"Bagus ini, memang sangat dibutuhkan petani kita. Ini ide yang sangat kreatif, sehingga harus diwujudkan,\" pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: