Bentuk Forum Tanggulangi Bencana

Bentuk Forum Tanggulangi Bencana

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Dalam rangka meminimalisir risiko bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS), berencana membentuk forum penanggulangan bencana. Hal tersebut disepakati usai coffee morning di kantor BPBD BS, kemarin.

\"Kami sepakat membentuk forum penanggulangan bencana,\" kata Kepala BPBD BS, Yarusdi SSos didampingi sekretaris BPBD, Assilawati MSi.

Dikatakan Assilawati, forum ini nanti beranggotakan Kodim, Polres, Polairut, TNI AL, Basarnas, Satpol PP, BS Rescue, BPBD, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya. Forum ini, sebagai wadah untuk saling berkoordinasi, berkolaborasi, dalam upaya pengurangan risiko bencana dengan proses konsultatif dan partisipatif. Terlebih lagi di BS merupakan rawan bencana alam seperti longsor, banjir, tsunami dan bencana lainnya.

\"Nanti semua anggota forum akan selalu berkoordinasi jika terjadi bencana,\" ujarnya.

Dijelaskan Assilawati, dengan adanya forum ini, diharapkan nantinya, ketika ada bencana, anggota forum dapat secepatnya ke lokasi. Selain itu nantinya diharapkan dapat mencegah sedini mungkin risiko dari terjadinya bencana tersebut. Sehingga resikonya tidak terlalu fatal.

\"Untuk pembentukan forum nantinya akan dibahas lebih lanjut, semoga secepatnya dapat terbentuk,\" imbuhnya. Dirinya berharap, nantinya kehadiran forum penanggulangan bencana ini nantinya memberikan dampak positif dalam menanggulangan bencana di BS. Dirinya juga berharap peran serta masyarakat untuk aktif memberikan informasi kepada petugas jika terjadi bencana. Sehingga anggota forum dapat secepatnya turun ke lapangan. \"Mohon dukungannya agar forum bisa segera terbentuk,\" harap Assilawati. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: