Optimis Menang Lomba Sadar Adminduk

Optimis Menang Lomba Sadar Adminduk

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan (BS), Gunawan Suryadi SSos MAP mengatakan, pada lomba Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) tingkat Provinsi Bengkulu, Pemda BS mengirimkan satu wakil. Bahkan dirinya optimis wakil dari BS dapat menjadi pemenang pada lomba sadar Adminduk 2021 tersebut.

\"Insya Allah menang,\" katanya.

Dikatakan Gunawan, pada lomba sadar adminduk 2021 ini, BS diwakili oleh Desa Tanjung Eran, Pino. Desa ini ditunjuk setelah sebelumnya pihaknya melakukan penilaian desa sadar adminduk tingkat Kabupaten. Sehingga dari hasil tersebut, Desa Tanjung Eran menjadi yang terbaik. Untuk penilian lomba Desa Sadar Adminduk 2021 tingkat Provinsi, tim penilai dari Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu. Adapun penilaian sudah 3 kali. Tim dari Provinsi Bengkulu turun langsung ke BS dan mengecek langsung ke Desa Tanjung Eran.

\"Penilaian terakhir, tim dari Provinsi turun hari Jum\'at (5/11) lalu,\" ujarnya.

Dijelaskan Gunawan, adapun penilaian yang dilakukan diantaranya partisipasi masyarakat yang memiliki kesadaran akan dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, surat keterangan kematian, kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan administrasi kependudukan lainnya. Kemudian tingkat kepuasan warga atas pelayanan yang diberikan pemerintahan desa kepada masyarakatnya. Juga keaktifan pemerintahan desa dalam melayani masyarakat.

\"Kesadaran masyarakat desa tersebut atas kepemilikan adminduk sangat tinggi, pelayanan juga sangat bagus,\" imbuhnya.

Dengan tampilnya Desa Tanjung Eran dalam lomba desa sadar Adminduk 2021 tingkat Provinsi Bengkulu yang mewakili BS, dirinya mengharapkan dukungan semua pihak. Dirinya juga berharap tertib Adminduk Desa Tanjung Eran ini dapat menjadi contoh bagi desa lain. Sehingga ke depannya tertib adminduk di BS merata di semua desa di BS.

\"Pengumunan pemenang pada saat ulang Tahun Provinsi Bengkulu, mohon doanya agar Desa Tanjung Eran menjadi pemenangnya,\" demikian Gunawan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: