Satu Desa Satu Cerita

Satu Desa Satu Cerita

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Setelah sukses menggelar sayembara menulis cerita rakyat (Balistara) Bengkulu Selatan (BS), Dinas Perpustakaan dan Arsip BS membuat program inovasi baru. Sehingga dengan program baru ini, akan semakin menambah banyak cerita rakyat BS. Untuk kemudian dibukukan dan dipajang di perpustakaan desa.

\"Kita saat ini ada program satu desa satu cerita,\" kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip BS, Hj Sri Gusti Sabana SH.

Dikatakan Sri Gusti, dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan minat warga untuk menggali cerita desanya. Dengan begitu nantinya setelah dibukukan dan dipajang di perpustakaan desa, maka warga akan tahu cerita desanya masing-masing. Pada akhirnya cerita desa dari waktu ke waktu akan selalu diingat warga dari generasi ke generasi.

\"Inovasi ini juga sebagai upaya agar cerita rakyat tidak hilang ditelan masa,\" ujarnya.

Untuk mewujudkan inovasi ini, pihaknya juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk menggali data atau sejarah desa. Sehingga para siswa di sekolah juga ikut meningkatkan minat literasi dalam menulis kepada murid sekolah. Nantinya sejarah desa ini kalau sudah dalam bentuk buku juga akan meningkatkan literasi dalam menumbuhkan minat baca.

\"Diharapkan ke depannya dengan kegiatan ini kelestarian budaya di BS bisa terjaga untuk generasi penerus agar mengerti dan tahu budaya di daerahnya,\" harap Sri Gusti.

Sebab, sambung Sri Gusti, dengan adanya cerita rakyat, warga juga akan semakin tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan desa. Dengan begitu nantinya kunjungan ke perpustakaan desa makin ramai.

\"Semoga dengan adanya inovasi ini, kunjungan ke perpustakaan desa makin meningkat,\" demikian Sri Gusti. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: