3.065 Rumah Dientaskan

3.065 Rumah Dientaskan

ULU TALO, bengkuluekspress.com - Upaya pengentasan kemiskinan terus dilakukan Pemkab Seluma. Pada tahun 2021 ini, Pemkab Seluma berhasil membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 283 unit rumah swadaya. Pembangunan RTLH ini terdiri dari 116 unit bersumber dari APBN, 128 bersumber dari DAK dan dibangun oleh Baznas sebanyak 28 unit rumah.

Kepala Dinas Perkim Seluma Erlan Suadi M. Ap mengantakan bahwa, pengentasan kemiskinan melalui bedah rumah bagi masyarakat ekonomi rendah ini merupakan bagian dari pengetasan kemiskinan dari rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

\"Untuk tahun ini ada 283 unit rumah dibangun. Hingga Oktober ini realisasinya sudah 100 persen,\" kata Erlan kepada wartawan, usai pemasangan plang RTLH secara simbolis oleh Bupati Erwin Octavian SE di Desa Air Keruh Kecamatan Ulu Talo, Kemarin (03/11).

Menurut Erlan, di Kabupaten Seluma ada 12 ribu leih rumah tidak layak huni. Hingga 2021 ini, sudah 3.065 unit rumah yang selesai dientaskan oleh pemerintah. Namun, masih ada tersisa sekitar 8600 lagi. Rumah yang akan dituntaskan dari tidak layak huni menjadi layak huni.

\"Masih akan terus kita bangun secara bertahap. Setiap tahun, muda-mudahan kita terus mendapatkan kucuran anggaran dari pusat,\" sampainya.

Sementara itu, untuk tahun 2022 nanti, anggaran bedah rumah untuk rumah tidak layak huni sudah dibahas dan disepakati oleh pemerintah pusat. Sesuai hasil koordinasi, bedah rumah tidak layak huni tahun 2022 sebanyak 153 unit. Anggaran untuk pembangunan itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: