Panitia Pilkades Harus Netral

Panitia Pilkades Harus Netral

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2021 ini diminta untuk tidak memihak salah satu pasangan calon dan harus bersikap netral. Sebab panitia harus dapat mendeteksi potensi gejolak yang bakal terjadi saat Pilkades berlangsung secara serentak mendatang.

“Kita selalu ingatkan kepada panitia Pilkades harus mampu menjalankan tugasnya secara profesional dan harus netral, dan jangan sampai nanti bermasalah,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur, Asdiarman SSos, Selasa (2/11).

Dikatakan Asdiarman, agar proses Pilkades berjalan dalam suasana yang kondusif, aman dan terkendali, maka seluruh panitia Pilkades tidak boleh mengedepankan kepentingan pribadi atau keberpihakan kepada salah satu calon, tetapi harus bersikap dan bertindak profesional sesuai aturan. Sebab potensi gejolak juga dapat terjadi dari calon pemilih, dimana gejolak nanti dapat menimbulkan perselisihan baik ketika pemilihan maupun ke depannya.

“Makanya untuk mengatasi gejolak dalam Pilkades ini, panitia harus menjunjung tinggi asas demokrasi dan sikap netral, sehingga Pilkades ini sukses tanpa masalah,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam pesta demokrasi Pilkades yang akan diikuiti 66 desa yang tersebar di 11 kecamatan Kabupaten Kaur pada 9 Desember 2021 mendatang. Diharapkan para kandidat dan keluarga menjunjung tinggi nilai-nilai jujur dan adil. Juga kepada panitia dan calon Kades agar selalu mematuhi Prokes Covid-19 yakni dengan selalu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berjalan lancar, dan dapat melahirkan pimpinan desa yang berkualitas dan juga tidak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19, salah satunya dengan mematuhi Prokes,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: