Gelar Pilkades, 28 Desa Diwarning

Gelar Pilkades, 28 Desa Diwarning

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Dari 66 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 9 Desember 2021 mendatang, masih ada 28 desa yang belum menyampaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Menyikapi hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur mewarning kepada panitia Pilkades agar secepatnya menyerahkan data DPT kepada Panitia Pilkades kabupaten.

“Masih ada 28 desa lagi yang belum menyerahkan DPT sehingga DPT final keseluruhan belum bisa kita tetapkan dan besok terakhir penyerahan DPT,”kata Plt Kepala DPMD Kaur Asdiarman S Sos, Senin (1/11).

Dikatakan Asdiarman, dimana DPT sangat penting diterima oleh pihaknya dalam satu dua hari kedepan paling lambat. Hal ini lantaran dari DPT ini nantinya akan diketahui berapa banyak surat suara yang akan dicetak. Sebab desain surat suara harus dari jauh hari dikerjakan agar tidak ada kesalahan dalam percetakan nantinya.

\"Sebenarnya paling lambat itu hari ini diserahkan, tapi mungkin ada beberapa desa yang jarak tempuh jauh atau aksesnya sulit sehingga kita tetap menunggu data diserahkan ke PMD,\" terangnya.

Ditambahkannya, sebelumnya dalam penentuan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ditatpkan sebanyak 26.256 pemilih. Namun dari jumlah itu berapa banyak nantinya akan ada penambahan atau pengurangan tentunya menunggu data DPT diterima oleh pihaknya. Dalam DPS yang sudah ditetapkan sebelumnya terbanyak di Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan dengan pemilih 1.050 pemilih, sedangkan paling sedikit Desa Margo Mulyo Kecamatan Padang Guci Hulu yang hanya sebanyak 124 mata pilih.

“Untuk jadwal tak ada perubahan sesuai dengan yang sudah ditetapkan Pilkades tetap 9 Desember begitu juga dengan yang lain sudah ditetapkan baik Cakades maupun yang lainnya,\" tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: