Wabup: Rotasi Kepala OPD, Baperjakat Intens Evaluasi

Wabup: Rotasi Kepala OPD, Baperjakat Intens Evaluasi

TAIS, bengkuluekspress.com - Wakil Bupati Seluma, Drs. Gustianto memastikan akan ada rotasi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rotasi ini sesuai dengan hasil Job Fit yang telah digelar belum lama, yang diikuti oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma. Tak ayal, sejumlah pejabat harus terpaksa merelakan posisinya karena dimutasi menjadi pelaksana (Non Job).

\"Untuk kepala OPD yang akan di kukuhkan ulang dalam waktu dekat ini jelas harus berdasarkan hasil Job Fit. Memang ada pejabat yang untuk sementara kami pindahkan fungsinya (menjadi pelaksana) mungkin pejabat itu jenuh karena sudah bertahun-tahun menjabat, sehingga perlu dilakukan penyegaran,\" tegasnya.

Wabup menanggapi bahwa itu bukan non job. Namun menunggu posisi yang tepat, sesuai dengan keahlian pejabat tersebut. Sementara itu, terkait adanya isu ASN yang Nonjob akan melaporkan ke KASN, Wabup Seluma menilai itu merupakan hak dari setiap ASN. Sehingga jika memang keberatan silahkan saja.

\"Itu bagian dari hak dari ASN untuk melaporkan ke KASN tersebut. Namun, tetap kita melaksanakan mutasi ini berdasarkan hasil JPT dan Asesment yang sudah dilakukan,\" tegasnya.

Disampaikan, jika untuk yang Nonjob saat ini tidak serta mertabtidak memberikan jabatan. Namun mengingat masih ada OPD yang akan dikukuhkan ulang. Sehingga mereka ini kembali akan di berikan jabatan. Karena mutasi masih akan dilakukan Pemkab Seluma terhadap jajarannya. Hanya saja, jelas mutasi berdasarkan hasil asesment dan jobfit yang dilakukan.

\"Kita berdasarkan bidang ilmu masing masing serta ini semua untuk mewujudkan Seluma Alap,\" sampainya.

Sementara itu, ketika ditanya lebih lanjut kemungkinan pejabat eselon 2 yang akan non job, Wabup masih enggan berkomentar. Namun dirinya menegaskan rotasi pejabat eselon 2 ini berdasarkan hasil Job Fit yang telah digelar. Adapun rotasi skala besar di Pemkab Seluma telah dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama sebanyak 115 orang ASN, dan kedua 188 orang ASN. Pejabat tersebut terdiri dari eselon II yang dilantik pasca seleksi JPT, eselon III, dan eselon IV.

\"Kita serahkan sepenuhnya ke Baperjakat. Jadi bagaimanapun nanti hasilnya, itulah yang akan kita laksanakan,\" sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: