Pemenang Balistara BS Dibukukan

Pemenang Balistara BS Dibukukan

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bengkulu Selatan (BS), Hj Sri Gusti Sabana SH melalui Kabid Perpustakaan, Sofyan Amir MPd mengatakan pemenang lomba sayembara menulis cerita rakyat Bengkulu Selatan (Balistara BS) sudah selesai. Dari 28 naskah yang diterima panitia, didapat 10 naskah yang menjadi pemenang.

\"Naskah cerita rakyat para pemenang balistara BS ini akan dibukukan,\" katanya.

Dikatakan Sofyan Amir, dalam lomba yang digelar beberapa waktu lalu yang menjadi juara pertama judulnya Asal Muasal Karang Cayo karya Maya Fransiska MPd. Dirinya selain berhak mendapatkan piala juga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Kemudian juara ke dua judulnya Kebau Kughus karya Donna Meyolevvia dan berhak mendapat piala dan uang tunai Rp 750 ribu. Lalu juara tiga judulnya Nulung Sesamau karya Yahamudin dan mendapatkan uang tunai Rp 500 ribu. Adapun uang menjadi juara 4 ada 7 karya tulis. Masing-masing mendapat hadiah Rp 250 ribu. Adapun ke-7 karya tersebut yakni Pak Pandigh Diaghat Burung Terbang karya Muhammad Iqbal Agustami, Kisah Raden Miskin karya Nurhapipa Pebrianu MTPd, Asal Muasal Buluah Ritih karya Indah Kurniati, Legenda Batu Seninting karya Adela Rosaliti, Aduh Dingin karya Misti Sulasti, Kebau Beghanak Beteri karya Astuti Puji Kusuma M dan Beteri Kembang Kundur karya Maya Fransiska MPd.

\"Buku cerita rakyat BS ini akan dicetak dan dibagikan pada Hari Ulang Tahun BS pada 8 Maret 2022 mendatang,\" terang Sofyan Amir.

Ditambahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan arsip daerah BS,Hj Sri Gusti Sabana SH. Kegiatan balistara BS ini sangat bermanfaat. Sehingga menambah wawasan warga BS akan banyaknya cerita rakyat BS. Dirinya berencana ke depan kegiatan balistara akan rutin digelar sehingga semakun banyak cerita rakyat BS yang bisa dibukukan nanti.

\"Kegiatan ini sangat positif ke depan kita upayakan agar bisa digelar balistara BS kembali,\" ujar Sri Gusti. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: