Workshop Kelola Air Limbah

Workshop Kelola Air Limbah

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Balai Prasasana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, Dirjen Cipta Karya Kementrian PU PR, bersama dengan Pemkab Kaur Kamis (28/10), menggelar Workhsop Akhir kegiatan pendampingan Ranperda Air Limbah Domistik. Workshop ini juga membahas terkait pengoperasian Tempat Pembuangan Akhir Limbah yang saya ini sudah berdiri di kawasan tebing latihan Kecamatan Kaur Selatan dan siap operasi.

\"Harapan kita nantinya pengelolaan air limbah ini benar-benar sesuai harapan dan secepatnya dapat dilaksanakan,\" kata Sekda Kaur Dr. Drs Ersan Syafiri MM saat membuka acara workshop, Kamis (28/10).

Dikatakannya, saat ini beberapa limbah yang membutuhkan perhatian khusus yakni limbah tambak udang. Bahkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan memanggil sejumlah pengelola tambak udang membicarakan terkait dengan limbah tambak yang mengkuatirkan.

\"Kita akan bicarakan terkait dengan limbah tambak udang ini. Nanti akan kita cari solusinya,\"terangnya.

Sementara itu, pihak BPPW Bengkulu diwakili Elesvera Destry ST M Si menyampaikan kegiatan workshop itu juga menyerahkan hasil pendampingan pembentukan kelembagaan pengelolaan air limba domistik dalam bentuk dokomen kajian akadmis dan draf ranperda.

\"Kegiatan ini juga pembentukan, susunan organsiasi, tugas dan fungsi Sistem Pengelolaan Air alim ah Domisitik (SPALD) pada Dinas PU PR,\"ujarnya

Ditambahkannya, tahun ini salah satu pendukung program SPALD itu Kementrian memberikan bantuan satu unit truk pengangkut tinja yang nantinya akan mengambil limba tinja dari rumah penduduk dibawa ke SPALD kawasan Tembing Latihan.

\"Untuk teknis dan managemenya nanti akan diatur kembali oleh Dinas terkait, mudah mudahan paling lambat Desember sudah datang mobilnya,\" tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: