Tiga BPD Melenggang Cakades

Tiga BPD Melenggang Cakades

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Tiga calon Kepala Desa (Cakades) yang berasal dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dinyatakan lolos dan bisa ikut Pilkades 9 Desember mendatang. Hal ini setelah panitia Pilkades kabupaten menerima salinan SK Pemberhentian jabatannya dari Bupati Kaur. Dimana sampai kemarin dari empat kandidat berasal dari BPD 3 diantaranya sudah mengantongi surat pemberhentian dari Bupati Kaur.

“Ya untuk SK pemberhentian tiga BPD yang menjadi syarat pencalon sudah kita terima,\" kata Plt Kepala Dinas PMD Kaur Asdiarman S Sos, Rabu (27/10).

Dikatannya ketiga kandidat yang sudah menyerahkan salinan SK Pemberhentian keputusan Bupati Kaur itu secara resmi dapat mengikuti Pilkades pada 9 Desember mendatang. Mereka juga sudah mengantongi nomor urut dan masuk dalam daftar Cakades. Ketiga kandiat yang sudah mengantongi SK bupati itu yakni dari Desa Gunung Megang Kecamatan Kinal atas nama Ristizon Efendi, lalu Desa Penyandingan Kecamatan Maje atas nama Ansari, dan terkhir Desa Sinar Bulan Kecamatan Lungkang Kule atas nama Juniardi. Sedangkan kandidat lain dari Desa Tanjung Kemuning 3 Kecamatan Tanjung Kemuning Widi Harto sampai saat ini belum mendapatkan nomor urut dan belum melampirkan surat pemberhentian dari Bupati Kaur sebagai BPD.

“Ini sesuai Pasal 23 poin ke 4 Perbup nomor 83 tahun 2021 tentang tata cara pemilihan kepala desa serentak. Berbunyi Anggota BPD yang mencalonkan diri dalam Pilkades wajib mengundurkan diri sejak menjadi bakal calon Kepala Desa dengan menyertakan surat pernyataan pengunduran cukup dari diri bermeterai yang bersangkutan. Peresemian pemberhentian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati,\" ujarnya.

Sementara itu, Cakades Gunung Megang Kecamatan Kinal Ristizon Efendi juga mengaku, jika ia telah mendapat salinan pemberhentiannya dari BPD dari bupati dan salinan terbit sudah diserahkan kepada PMD Panitia Pilkades. Sehingga secara administrasi tak ada kendala lagi.

\"Untuk SK pemberhentian dari Bupati sudah saya terima dan sudah saya serahkan bahkan bukan copy tapi cap basah, saya sudah dapat nomor urut dalam Pilkades ini,” singkatnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: