153 Unit Rumah Dibedah

153 Unit Rumah Dibedah

TAIS, bengkuluekspress.com - Pada tahun 2022 mendatang, Kabupaten Seluma kembali menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Rumah Swadaya (BRS) untuk membangun 153 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Kucuran DAK tahun 2022 mendatang mengalami kenaikan dari tahun 2021 ini. Dimana tahun 2021 ini hanya 128 unit RTLH yang dibedah menjadi rumah layak huni.

Kepala Dinas Perkimhub Seluma, Erlan Suadi M.Ap mengatakan bahwa, 153 unit rumah ini disebar di 8 desa dan kelurahan yang masuk kategori kawasan kumuh dengan warga prasejahtera.

\"Alhamdulillah untuk kucuran DAK kita tahun depan mengalami peningkatan dari tahun 2021 ini,\" sampainya.

Menurutnya, alokasi anggaran DAK ini nantinya akan disalurkan melalui rekening kelompok. Dimana, masing-masing rumah nantinya akan menerima bantuan berupa material bangunan masing-masing senilai Rp20 juta.

\"Itu termasuk upah tukang. Termasuk kita minta bantuan swadaya dari desa dan masyarakat,\" jelasnya.

Dikatakannya bahwa, selain bersumber DAK, nantinya juga akan diusulkan pembangunan RTLH dari APBD Kabupaten Seluma. Namun, untuk usulan pembangunan yang bersumber APBD, nantinya akan diusulkan dan dimasukkan terlebih dahulu pada usulan RAPBD 2022.

\"Nanti akan kita masukkan juga di APBD 2022,\" jelasnya.

Sementara itu, Erlan juga meminta agar desa ikut mengalokasikan untuk pembangunan bedah rumah di masing-masing desa. Karena, ada dalam Permendes diatur berkaitan dengan fokus pembangunan Dana Desa.

\"Selain itu, kita juga meminta agar desa ikut mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bedah rumah di desa,\" tandasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: