Bina Usaha Perikanan Darat

Bina Usaha Perikanan Darat

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Gunadi SE MM mengaku saat ini usaha perikanan darat di BS terus berkembang. Namun selama ini para pelaku usaha sering mengeluhkan mengenai pakan dan air untuk mengairi usaha mereka. Sebab sering berselisih paham dengan para petani sawah. Oleh karena itu, dirinya akan terus melakukan pembinaan kepada petani perikanan darat.

\"Usaha perikanan di BS cukup berkembang dan kita akan terus melakukan pembinaan,\" katanya.

Dikatakan Gusnan, permasalahan utama yang dihadapi petani ikan yakni pangan dan sumber pengairan serta pemasaran. Kondisi ini perlu dicarikan solusi agar bisa diatasi. Sehingga ke depan usaha perikanan darat di BS terus maju dan tidak menganggu usaha pertanian sawah. Sehingga nantinya produksi sawah tetap maksimal dan produksi ikan juga meningkat.

\"Kita akan upayakan dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, sehingga persoalan dan kendala yang dihadapi para petani ikan dapat diatasi,\" ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan BS, Novianto SSos MSi mengatakan, saat ini petani ikan di BS terus berkembang, terutama di wilayah Seginim, Air Nipis dan Kedurang. Adapun usaha perikanan darat di BS yakni ikan nila, lele, ikan emas dan ikan patin.

\"Produksi usaha perikanan darat di BS saat ini mencapai 16 ton perhari,\" katanya.

Dikatakan Novianto, usaha perikanan di BS sangat menjanjikan. Sebab sangat berpotensi untuk keningkatkan perekonomian warga. Sehingga perlu didukung agar semakin maju dan berkembang.

\"Usaha ini sangat berpotensi bagi kesejahteraan warga, dan kita akan terus mendukung mereka dengan mencarikan solusi untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi, kami juga rutin memberikan pembinaan pada petani ikan tersebut,\" ujar Novianto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: