Sampah 31 Ton Perhari

Sampah 31 Ton Perhari

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bengkulu Selatan (BS), Ir H Jonior Haviz MAP mengaku, saat ini pihaknya terus berupaya mewujudkan BS bebas dari sampah. Sebagai wujud komitmen mewujudkan BS yang bersih, pihaknya setiap hari mengumpulkan dan membuang sampah rumah tangga.

\"Setiap hari, sampah yang kami buang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Padang Gilang, Manna sebanyak 31 ton,\" katanya.

Dikatakan Jonior, sampah -sampah tersebut dikumpulkan dari 9 kontainer yang disebar pada titik-titik strategis dan ribuan kotak sampah. Adapun sampah-sampah yang dibuang pihaknya di wilayah Kecamatab Kota Manna, Pasar Manna dan sebagian di Kecamatan Manna.

Untuk pemgangkutan kontianer sampah dan sampah-sampah di pemukiman warga, kami menggunakan 2 mobil ambrul dan 8 truk mengangkut sampah,\" ujarnya.

Dijelaskan Jonior, meskipun saat ini sudah banyak tong sampah dan kontainer yang disebar. Namun warga masih suka membuang sampah sembarangan. Dirinya mengimbau warga agar dapat membuang sampah pada tempatnya. Khusus sampah limbah industri, Jonior mengimbau untuk tidak dibuang di kontainer. Akan tetapi dapat dibuang langsung ke TPA dengan terlebih dahulu membuat surat perjanjian untuk menyetor ke kas daerah. Adapun besarannya yakni Rp 25 ribu per bulan.

\"Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita dengan membuang sampah pada tempatnya,\" ajak Jonior.

Sahral, Kepala Rumah Makan Albaik, di jalan A Yani, Pasar Manna mengaku selama ini membuang sampah ke kontainer. Bahkan setiap bulannya membayar orang yang bersedia membuangnya dengan upah Rp 250 ribu perbulan. Dirinya mengaku ke depan akan mentaati aturan untuk membuang sampah ke TPA dan siap menyetor ke kas daerah.

\"Sejak usaha kami berdiri 2 tahun lalu, kami selalu buang sampah ke kontainer, ke depan kami siap menyetor ke kas daerah dan membuang sampah ke TPA Padang Gilang,\" ujar Sahral. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: