Cuaca Buruk, Harga Ikan Tuna Naik

Cuaca Buruk, Harga Ikan Tuna Naik

MAJE, bengkuluekspress.com - Cuaca buruk yang terjadi beberapa pekan terakhir ini membuat harga ikan di Kabupaten Kaur naik, seperti ikan tuna. Dimana kini para pembeli membeli dari nelayan sudah diangka Rp 27 ribu perkilonya. Harga ini naik beberapa ribu dari harga pada beberapa Minggu yang lalu hanya bertahan diangka Rp 22-23 ribu saja.

\"Kenaikan dalam beberapa Minggu ini kami beli dari nelayan sudah diangka 27 ribu perkilo untuk kualitas daging segar dan baik,\" ujar Pendi (39) pembeli ikan di Pelabuhan Linau Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, Minggu (12/9).

Dikatakannya, naiknya harga tuna ini tentu membuat sejumlah nelayan di Kabupaten Kaur semakin bersemangat. Sayangnya lokasi berburu tuna yang ada sangat jauh dari pelabuhan. Sejumlah nelayan hanya dapat memburu tuna saat cuaca dipastikan cerah dan normal saja. Sebab lokasi rumpon sangat jauh dari daratan. Selain jauh nelayan juga perlu modal yang tidak sedikit, sebab selain butuh BBM ekstra juga dibutuhkan perahu maksimal dan tenaga mesin yang normal.

\"Untuk memburu tuna banyak persiapan yang harus dilakukan salah satunya BBM banyak dan mesin perahu yang normal,\" tambah Boby (35) nelayan Pelabuhan Linau.

Sementara itu, untuk meningkatkan harga jual tuna, saat ini pihak koperasi nelayan pelabuhan Linau sedang melakukan kerjasama dengan salah satu pengusaha pembeli ikan dari Jakarta. Dimana nanti tuna akan paking di Kaur dan dikemas di Kaur. Sehingga tuna yang dikirim sudah dalam bentuk kemasan sesuai dengan pesanan pihak ketiga.

“Kini kita sedang menjalin kerjasama dengan pihak luar kini sedang proses pendirian gudang,\" kata Aprizal (45) Ketua Koperasi Berkah Lautan Maje. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: