Cek DD, BPKP Periksa 4 Kecamatan di Kaur

Cek DD, BPKP Periksa 4 Kecamatan di Kaur

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Guna memastikan penggunaan dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sudah sesuai dengan peruntukkannya, sejak beberapa hari terakhir ini, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan menyeluruh ke sejumlah desa. Ada empat kecamatan yang dilakukan pemeriksaan DD dan ADD nya pada dua minggu terakhir yakni Kecamatan Kaur Utara, Tanjung Kemuning, Maje dan Kaur Selatan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Asdiarman SSos, usai menggelar pertemuan dengan perwakilan BPKP dan sejumlah Kades membenarkan adanya kegiatan pemeriksaan rutin tersebut. Menurutnya kegiatan yang dilakukan merupakan bagian pengawasan yang digelar oleh BPKP.

“Ini ada pengecekan rutin menyeluruh mulai dari fisik hingga laporan keuangan di desa itu sendiri,\" terangnya.

Dikatakannya, dimana tim BPKP sendiri akan melakukan pemeriksaan kesejumlah desa desa lain untuk memastikan apakah DD dan ADD yang dialokasikan sudah sesuai dengan laporan realisasi hingga peruntukan sesuai dengan RPJMDes dan juga sudah sesuai dengan standar bangunan baik fisik maupun kegiatan non fisik.

\"Pemeriksaanya untuk DD tahun ini, nanti kalau misalnya ada kekeliruan BPKP akan menyarankan atau meminta pihak desa melakukan perbaikan sebelum berakhirnya pekerjaan,\" ujarnya.

Ditambahkan Asdiarman, pihak desa juga diimbau dalam pembangunan tidak keluar dari rencana kegiatan sesuai dengan yang telah disusun dalam rencana pembangunan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga bila memang dilakukan revisi maka juga harus mengacu kepada perubahan yang sudah dibuat.jangan sampai melakukan revisi kegiatan namun plafon anggaran malah tidak dilakukan revisi.

\"Untuk desa lainnya akan menyusul sesuai dengan jadwal yang nantinya akan ditetapkan oleh BPKP sendiri,\" tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: