Rawat Motor Injeksi, Berikut Tipsnya
Teknologi injeksi sudah banyak digunakan pada sepeda motor saat ini. Yamaha Indonesia pun telah menggunakannya sejak tahun 2007 untuk motor injeksi pertamanya yaitu Vixion, dan hingga kini semua motor produksinya sudah dibekali teknologi injeksi.
Agar komponen dalam sistem injeksi awet atau tahan lama, konsumen perlu memperhatikan perawatannya. ”Sepeda motor sebagai salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat, tentunya membutuhkan perawatan terbaik agar dapat selalu mendukung aktivitas. Dengan teknologi injeksi yang digunakan pada sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus,” ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers.
Berikut tips perawatan injeksi pada sepeda motor :
1.Injector & throttle bodyDi setiap 10 ribu km dan kelipatannya wajib dilakukan perawatan. Pembersihan injector berfungsi untuk menjaga performa selalu berada pada kondisi terbaik dan injector terbebas dari kotoran-kotoran yang bisa mengganggu performa motor secara keseluruhan. Hal ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi Yamaha dengan menggunakan injector cleaner. 2. Tangki bahan bakar
Pada periode service tertentu dilakukan pengurasan tangki karena dikhawatirkan terdapat kandungan air dan debu atau kotoran yang membahayakan mesin. 3. Fuel pump dan filter
Pengecekan dan pembersihan filter dan pompa bahan bakar dilakukan agar bahan bakar terbebas dari partikel-partikel asing yang menyebabkan performanya menurun. 4. Tekanan pompa bahan bakar
Pengecekan tekanan bertujuan agar bahan bakar keluar secara normal, tidak kelebihan tekanan atau pun kekurangan. Jika tekanan pada pompa bahan bakar dibawah standar yang sudah ditetapkan, maka hal ini bisa menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, yang berakibat performa menurun. 5. Saringan udara
Karena udara yang masuk ke mesin pastinya butuh penyaringan. Di throttle body terdapat alat sensor di dalamnya. Apabila terdapat udara yang tidak bersih maka akan ada penyumbatan di sensor tersebut atau pembacaan sensor bermasalah. Akibatnya akan mempengaruhi kinerja dari sistem injeksi / sepeda motor. Untuk perawatan filter udara sebenarnya sangat mudah, lokasinya pun tidak terlalu sulit dijangkau, dapat dibuka menggunakan obeng. Dan jika kotor bisa dibersihkan menggunakan kuas atau penyemprot udara. Atau konsumen dapat langsung datang ke bengkel resmi jika cukup sulit untuk dibuka secara mandiri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: