Target Kota Bersih 2013

Target Kota Bersih 2013

\"8\" BENGKULU, BE - Ini bukti nyata kepedulian Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE  terhadap lingkungan dan warganya. Kendati kemarin (2/3) hari libur, walikota dan jajaran meluangkan waktu meninjau pelaksanaan gotong royong yang dilakukan di 9 kecamatan se-Kota Bengkulu. Peninjauan yang dilakukan merupakan rangkaian dari roadshow Bulan Bhakti Gotong Royong Masyararakat (BBGRM) yang ke X tahun 2013 ini, sekaligus rangakian  dari lomba kebersihan antar kelurahan yang ada di Kota Bengkulu.

“Nah ini contoh warga yang peduli dengan lingkungannya,” ujar walikota saat menghampiri  menghampiri salah seorang warga di RT 14 RW 03 Kelurahan Lempuing yang sedang membersihkan halaman depan rumahnya. Tidak sedikit warga yang kaget mendapati kunjungan walikota tersebut. Karena sebelumnya tidak dikabarkan bahwa walikota akan turun kemasyarakat untuk meninjau kebersihan lingkungan.

Dalam kesempatan itu, walikota juga memberikan uang tunai kepada salah seorang warga RT 14 Lempuing, Darmawan, pemberian uang sebagai tanda semangat bergotong royong dan membersihkan lingkungan sekitar rumahnya. “Aku dak nyangko nian dapek piti ko,” ujar Darmawan dengan bahasa Bengkulu usai menerima uang tersebut.

Setelah itu, walikota meninjau dan bergabung langsung bersama warga yang sedang bergotong-royong membersihkan lingkungan. Beberapa titik lokasi yang disinggahi walikota, seperti di kawasan GOR sawah lebar, di pinggir jalan persimpangan karabela Tebeng, Gang Harapan Kelurahan Rawa Makmur tepatnya di RT 03 RW 01. Di Gang Harapan itu Walikota yang didampingi sekretaris Daerah, para Asisten dan beberpa Kepala SKPD di lingkungan Pemkot disambut hangat  puluhan warga yang sedang melakukan aktifitas gotong-royong.

Tak hanya meninjau, walikota juga turun langsung ikut mencangkul selokan yang tersumbat. Sesekali walikota juga membantu warga membersihkan rumput ilalang yang terlihat merusak pemandangan.

“Pesan bapak presiden, sampah yang ditumpuk ini tidak boleh dibakar, karena dapat menyebabkan pemanasan global sehingga merusak lapisan ozon dan membuat kondisi udara tidak segar,” ujar Walikota, Helmi Hasan yang juga Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu itu.

Selain itu,  Walikota juga berpesan agar para warga tidak hanya mengandalkan pemerintah saja, melainkan warga memiliki kesadaran untuk membersihkan lingkungan, yang dimulai dari lingkungan rumahnya masing-masing.

“Bengkulu bersih 2013, kalau idak kini, kapan lagi cik!,” ujar walikota menyemangati warga yang sedang membersihkan rumput di Gang Merpati kelurahan Rawa Makmur.

Walikota juga mengatakan dalam lomba antar kelurahan ini, ia akan memberikan reward dengan total Rp 150 juta kepada pemenang. Dengan rincian,  kelurahan terbersih I mendapatkan hadiah Rp 75 Juta, terbersih II Rp 50 Juta, dan terbersih III mendapatkan hadiah Rp 25 Juta.

“Tidak hanya kelurahan terbersih yang mendapatkan reward, kelurahan terkotor pun akan kita beri reward yakni di ekspose ke media massa dan diberi tong sampah dan sapu agar kelurahan tersebut dapat semakin giat bergotong-royong,” jelasnya.

Selanjutnya, Walikota dan rombongan juga melihat kegiatan gotong royong di Masjid Al Amin dan Masjid Hidayatul Ikhlas di kelurahan Rawa Makmur. Dalam kesempatan itu, walikota juga berpesan kepada Iman Masjid dan warga setempat agar selalu memakmurkan masjid, diantaranya melalui Salat berjamaah, pengajian, dan kegiatan islami lainnya. Walikota juga tampak membaur dengan warga menikmati hidangan yang telah disiapkan warga berupa pisang dan ubi rebus. Bahkan walikota juga memberikan uang tunai kepada seluruh warga yang ikut bergabung dalam gotong-royong tersebut.

Selain itu, Walikota juga meninjau kegiatan gotong royong di Jalan WR. Supratman tepatnya di RT 17 Kelurahan Kandang Limun dan di Jalan Pondok Bulat RT 03 Kelurahan Kandang Limun. Terakhir, walikota dan rombongan mengunjungi Taman Wisata Remaja di Lingkar Timur. Disana walikota membaur bersama pedagang. Bahkan walikota mentraktir seluruh warga yang sedang berbelanja di kawasan Taman Remaja mulai dari anak TK, SD, Mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

“Kami sangat senang dengan bapak walikota yang telah mentraktir kami,” ujar seorang guru TK di Taman Remaja. Sementara itu, Beni pedagang yang kesehariannya berjualan di Taman Remaja mengaku sangat senang walikota mencicipi dagangannya. “Saya senang dengan bapak walikota Helmi Hasan yang telah membeli dagangan kami, kedepan kami mengharapkan pak wali terus turun ke lapangan, mendengarkan keluhan warga,” kata Beni.

Pedagang lainnya, Sudaldadi sangat mendukung program walikota yakni lomba kebersihan antar kelurahan. “Program pak wali sangat bagus, dengan lomba kebersihan diharapkan lingkungan kita semakin bersih, sejuk, dan intinya kota bengkulu semakin maju,” ujarnya. (400/**).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: