127 Ribu Ekor Tikus Telah Dimusnahkan

127 Ribu Ekor Tikus Telah Dimusnahkan

\"\"LEBONG, bengkuluekspress.com – Sejak dilaksanakannya program pengendalian hama tikus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, 3 bulan terakhir. Setidaknya sudah sebanyak 127.000 ekor tikus lebih yang sudah berhasil dimusnahkan dan 1 ekor tikus dihargai sebesar Rp 3.000.

Pelaksanaan pemusnahan ekor tikus dengan cara dibakar sendiri langsung dilakukan oleh Bupati Lebong Kopli Ansori yang telah dilakukan di 5 titik berbeda di 3 Kecamatan yaitu 3 kali di Desa Kota Baru dan embong Uram Kecamatan Uram Jaya dengan jumlah pemusnahan pertama sebanyak 36 ekor tikus lebih, kedua 49 ekor lebih dan ketiga sebanyak 33 ekor tikus lebih.

Sementara untuk di Kecamatan Amen tepatnya di Desa Sukaurajo sebanyak 5.665 ekor, serta Desa Limaupid Kecamatan Lebong Sakti sebanyak 3.103 ekor tikus yang dimusnahkan. Dimana anggaran yang disiapkan untuk program ini sebesar Rp 560 juta dan telah terserap lebih kurang sebesar Rp 381 juta.

Bupati Lebong Kopli Ansori mengatakan bahwa program yang telah dibuat oleh Pemkab Lebong untuk mengendalikan hama tikus sendiri akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Jika nantinya anggaran habis, maka kembali akan diadakan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021.

“Juga anggaran di tahun 2022 kembali akan dianggarkan, jadi program ini tidak boleh putus sesaat,” sampainya, Kamis (5/8).

Dibuatnya program pengendalian hama tikus sendiri merupakan salahs atu upaya untuk mendukung atau mengajak masyarakat petani padi untuk mau melaksanakan Tanam dan panan padi 2 kali dalam 1 tahun.

“Karena selam aini petani kita masih melaksanakan 1 kali tanam dan panen padi dalam 1 tahun karena terkendala hama tikus,” ucapnya.

Apalagi kedepan, untuk masa taman pertama sendiri dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2021 ini dan kemudian langsung dilanjutkan untuk MT 2 di pertengahan tahun 2022 mendatang dengan mewajibkan semua petani untuk melaksanakannya.

“Kita yakin kedepan masyarakat petani kita akan mendukung MT 2 yang kita canangkan,” tuturnya Ditambahkan Bupati, selama pandemi covid-19 pemulihan ekonomi di sektor pertanian yang mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Untuk itulah dirinya mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong, agar mendukung program yang baik ini.

“Bantuan demi bantuan sarana pendukung terus kita berikan kepada para petani,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: