BPBD BS Terima Bantuan Alat WRS dari BMKG

BPBD BS Terima Bantuan Alat WRS dari BMKG

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Untuk memudahkan memantau kejadian bencana alam berupa gempa bumi, saat ini Pemda Bengkulu Selatan (BS) mempunyai alat monitor gempa bumi atau disebut Warning Receiver System (WRS). Bantuan tersebut baru diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah {BPBD) BS beberapa hari lalu.

\"Kita menerima bantuan WRS dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),\" kata Kepala BPMD BS, Yarusdi SSos melalui sekretarisnya, Assilawati MSi.

Dikatakan Assilawati, WRS tersebut berfungsi untuk dapat memantau semua titik gempa. Sehingga bisa diketahui lokasi dan kekuatannya. Terlebih lagi BS merupakan daerah pantai dan rawan gempa. Dengan begitu, ketika gempa terjadi dapat dipantau langsung dari WRS tersebut.

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui BPBD Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan bantuan alat monitor gempa bumi atau Warning Receiver System (WRS) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dengan adanya alat tersebut semua titik gempa bisa dipantau dengan mudah. Dengan begitu tidak berselang lama bisa segera diketahui.

\"Kalau berpotensi tsunami bisa segera diantisipasi sejak dini,\" ujarnya.

Dijelaskan Assilawati, dengan WRS tersebut, tidak hanya dapat memantau titik gempa di wilayah BS. Namun juga bisa memantau tidak gempa di daerah lain diluar BS bahkan di luar Provinsi Bengkulu. Sehingga setelah tiba di BS beberapa hari lalu, saat ini sudah di pasang di kantor BPMD BS. Dengan begitu, ketika ada gempa, petugas dapat memantaunya di WRS tersebut.

\"Ketika ada gempa, kita bisa pantau sendiri saat ini,\" demikian Assilawati. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: