Dorong Desa Aktifkan Satgas Covid-19

Dorong Desa Aktifkan Satgas Covid-19

\"\"BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Kasus warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Kaur makin meningkat dan menjadi perhatian serius Satgas Covid-19 Kabupaten Kaur. Menyikapi hal ini, Satgas Kabupaten Kaur menggelar pertemuan dengan perwakilan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) tingkat Kecamatan di aula Bappeda Kaur yang dipimpin langsung Sekda Kaur, H Nandar Munadi MSi, Jum’at (23/7).

“Di Kaur ini ada beberapa desa yang belum aktif terkait dengan Satgas Covid di desanya, di sini kita mendorong untuk terus bekerja sebab sebaran covid semakin memprihatinkan,” kata Sekda Kaur usai memimpin rapat, Jum’at (23/7).

Dikatakan Sekda, terkait dengan anggaran dari honorer Satgas Covid hingga kebutuhan lainnya diminta desa mengalokasikan dalam Alokasi Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD) masing masing sesuai dengan kebutuhan dan tidak menyimpang dari aturan yang ada. Pihaknya mengharapkan desa mengalokasikan anggaran untuk oprasional desa itu sendiri.

“Kita tidak mematok mengenai anggaran silakan desa hitung kebutuhan personilnya terutama biaya operasional di desanya sendiri,” terangnya.

Ditambahkannya, melalui Satgas Kabupaten akan melakukan monitoring terkait dengan kegiatan Satgas Covid itu sendiri, apa saya yang dilakukan desa terkait dengan alokasi dana yang disisihkan dari DD masing-masing desa. Harapannya dengan pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Micro ini dapat menekan penyebaran Covid di Kabupaten Kaur.

“Di sini kita berharap Satgas Desa ini dapat memutus mata rantai penularan Covid sebab saat ini sebaran Covid semakin sulit dikendalikan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua FKKD Kabupaten Kaur Gusmadi, juga menyampaikan, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan sejumlah kades untuk dapat secepatnya bergerak dan mengaktifkan kembali satgas desa di 192 desa yang ada di Kabupaten Kaur. Terkait dengan anggaran menurutnya pihak desa masing-masing akan menyusun dan diupayakan bagi yang belum mengalokasikannya dituangkan dalam RAPBDes masing masing.

“Sesuai instruksi Satgas Covid Kabupaten kami akan mengaktifkan Satgas Covid di desa untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: