Ratusan Sampel Swab PCR di Rejang Lebong Belum Diperiksa

Ratusan Sampel Swab PCR di Rejang Lebong Belum Diperiksa

CURUP,bengkuluekspress.com- Direktur RSUD Curup, dr Samiri mengungkapkan, masih ada ratusan sampel hasil swab PCR yang belum bisa dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut dikarenakan mobil PCR atau laboratorium kontainer tidak bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan. \"Kemarin sampel yang masuk ke kita sempat sampai 600 sampel yang belum kita periksa karena laboratorium kontainer kita tidak bisa melakukan pemeriksaan dalam beberapa hari,\" terang Samiri saat dikonfirmasi BE, Selasa (13/7).

Menurut Samiri, ratusan sampel hasil swab pcr yang mengantri untuk diperiksa tersebut baik sampel yang diambil langsung dari pasien yang masuk ke RSUD Curup maupun sampel yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong. Sempat berhentinya pemeriksaan sampel hasil swab PCR tersebut, menurut Samiri karena beberapa barang habis pakai di Laboratorium kontainer milik RSUD Curup habis, sehingga mereka harus melakukan pengadaan dulu, sembari menuggu barang habis pakai tersebut ada pihaknya terpaksa mengehentikan pemeriksaan sampel beberapa hari. \"Setelah beberapa hari kita tidak melakukan pemeriksaan, maka pada Senin kemarin kita sudah mulai melakukan pemeriksaan lagi,\" tambah Samiri.

Bila laboratorium kontainer tersebut sudah bisa digunakan lagi, maka menurut Samiri dalam seharinya pihaknya bisa melakukan pemeriksaan sampai dengan 100 sampel. Disisi lain ia juga mengungkapkan saat ini yang masih bisa digunakan untuk pemeriksaan hasil swab PCR hanya laboratorium kontainer sedangkan labotorium TCM sudah sekitar tiga bulan tidak beroperasi karena terkendala dengan catrige. Padahal menurutnya bila keduanya bisa berfungsi semua maka proses pemeriksaan sampel akan lebih cepat.

Sementara itu, terkait dengan perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM menyebutkan pada Selasa kemarin ada penambahan 60 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. \"hari ini jumlah pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong kembali berambah 60 kasus,\" terang Samsir.

Selain ada penambahan 60 kasus baru tersebut, pada Selasa kemarin juga terdapat 28 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Dengan adanya penambahan kasus baru dan sembuh tersebut maka hingga Selasa total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.513 kasus dengan kasus sembuh sebanyak 1.385 kasus. Kemudian 31 kasus meninggal dunia dan masih ada 97 orang masih dalam pengawasan. \"hingga saat ini total sampel yang telah kita periksa sebanyak 5.078 sampel,\" papar Syamsir.

Syamsir kembali mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti semua intruksi pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19 termasuk himbauan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: