Deputi Staf Presiden RI Dorong Mukomuko Berkembang

Deputi Staf Presiden RI Dorong Mukomuko Berkembang

MUKOMUKO,BE – Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) RI, Febry Calvin Tetelepta menyampaikan, Kabupaten Mukomuko, daerah kaya yang punya potensi alam luar biasa. Potensi tersebut, diantaranya kelapa sawit dan penghasil CPO terbesar di Provinsi Bengkulu. Sayangnya belum ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat dan dana bagi hasil yang tidak jelas, serta dukungan infrastruktur yang masih sangat lemah seperti jalan dan jembatan.

\'\'Melihat kondisi dilapangan, Kabupaten Mukomuko masih sangat membutuhkan berbagai dukungan dari pemerintah pusat. Tidak hanya di bidang infrastruktur, termasuk adanya potensi untuk dibangunnya pelabuhan untuk mengangkut CPO.Jika pelabuhan nantinya sudah beroperasi untuk mengangkut CPO. Tidak perlu lagi mobil tangki CPO melalui jalur darat, baik itu ke Kota Bengkulu maupun Padang. Cukup melalui pelabuhan yang rencananya akan dibangun di Bantal, Kecamatan Teramang Jaya,” kata Febry.

Selain itu, Bandara Mukomuko di RPJM Nasional masuk dalam pengembangan terminalnya.

“Dulu bandara ini dedikasinya untuk transmigrasi. Kedepandijadikan sebagai pintu gerbang masuknya investor di Bengkulu,khususnya Kabupaten Mukomuko,” bebernya.

Febry menegaskan, siap mendorong Kabupaten Mukomuko berkembang dan maju dengan baik. Untuk itu, Bupati Mukomuko diminta segera menyampaikan proposal yang bagus dan siapkan Amdalnya, yang nantinya disampaikan ke Kepala Staf Presiden. Selanjutnya, dijadwalkan mengundang pihak terkait mengenai usulan dari daerah khususnya Kabupaten Mukomuko.

“Kita siap kerja bareng. Paling tidak untuk tahap awal yang diprioritaskan untuk daerah ini konektifitas infrastruktur jalan darat, pelabuhaan dan bandara Mukomuko. Yang jelas pihaknya datang ke Mukomuko siap mendorong percepatan pembangunan di daerah,” katanya.

Febry juga berpesan agar wartawan mendukung program pemerintah khususnya program Bupati Mukomuko. Sehingga Kabupaten Mukomuko dapat berkembang dengan cepat.

“Dukung pak Bupati Mukomuko dengan memberitakan yang benar. Jika ada yang tidak benar, juga diberitakan yang sifatnya membangun,” pesan Deputi.

Bupati Mukomuko Sapuan didampingi Wakil Bupati Wasri dan sejumlah pejabat menyampaikan, Staf Kepresidenan siapbersinergi dan bersama memperjuangkan kemajuan Kabupaten Mukomuko, khususnya menangani masih lemahnya konektifitas infrastruktur, pelabuhan dan energi kelistrikan.

Bupati juga menyampaikan, pasca kunjungan kerja Deputi I yang membidangi infrastruktur, energi dan investasi. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. Termasuk akan kembali dibahas bersama di tingkat pusat.

“Program yang kita perjuangkan saat ini dibahas lebih lanjut ditingkat pusat. Difasilitasi kepala staf presiden, dengan mengundang kementerian-kementerian terkait,” bebernya.

Sapuan menambahkan, ini langkah awal kepemimpinan Bupati Sapuan dan Wakil Bupati Wasri yang baru menjabat sekitar tiga bulan lebih. Diharapkan dukungan dan doa seluruh elemen masyarakat, dan teman-teman pers.

“Tanpa dukungan seluruh pihak, perjuangan yang dilakukan tidak akan dapat berjalan sesuai dengan harapan,” ungkapnya.

Rombongan Deputi I Kantor Staf Presiden, Bupati, Wakil Bupati dan sejumlah pejabat dijajaran Pemkab Mukomuko langsung turun melihat kondisi dilapangan diantaranya jembatan penghubung di SP 10 Kecamatan XIV Koto, lokasi akan dibangun gedung olahraga, jalan di wilayah Desa Wonosobo, Sumber Mulyo, jembatan di Desa Lubuk Silandak dan lokasi pelabuhan di Desa Bantal serta melihat bahan baku di PT KAS.  (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: