Empat Puskesmas Layani Rawat Inap

Empat Puskesmas Layani Rawat Inap

CURUP, BE - Dalam upaya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, kembali meninggatkan status empat Puskesmas di Rejang Lebong menjadi Puskesmas Rawat Inap. \"Tahun ini ada empat puskesmas yang tengah kita persiapkan untuk menjadi Puskesmas rawat inap,\" terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM, Minggu (27/6).

Dijelaskan Syamsir, empat puskesmas yang saat ini tengah mereka persiapkan untuk berubah status menjadi Puskesmas Rawat inap tersebut adalah Puskesmas Samberejo yang ada di Kecamatan Selupu Rejang, kemudian Puskesmas Watas Marga di Kecamatan Curup Selatan, Kemudian Puskesmas Sindang Beliti Ilir dan Puskesmas Tanjung Agung di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

\"Saat ini kita mempersiapkan sarana dan prasarananya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa segera terealiasasi,\" harap Syamsir.

Bila empat puskesmas tersebut sudah menjadi Puskesmas rawat inap, maka menurut Syamsir total Puskesmas rawat inap di Kabupaten Rejang Lebong akan menjadi 11 Puskesmas dari total 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut Syamsir, sebelumnya telah ada tujuh Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong yang telah menjadi Puskesmas rawat inap dan saat ini sudah berjalan. Tujuh Puskesmas yang telah lebih dahulu menjadi Puskesmas rawat inatp tersebut adalah Puskesmas Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kota Padang, Puskesmas Sindang Jati, Puskesmas Sindang Dataran, Puskesmas Bangun Jaya di Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Puskesmas Bermani Ulu.

\"Untuk sisanya memang belum ada rencana kita jadikan Puskesmas rawat ini, karena berada di kawasan Kota Curup,\" paparnya.

Puskesmas yang berada di kawasan Kota Curup, menurut Syamsir belum akan dijadikan Puskesmas rawat inap, karena untuk pelayanan kesehatan yang memerlukan rawat inap masih bisa ditangani oleh RSUD Curup. Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, fokus merubah status Puskesmas menjadi Puskesmas rawat inap adalah Puskesmas yang lokasinya cukup jauh dari Kota Curup. Sehingga bila ada masyarakat Rejang Lebong yang sakit dan perlu mendapat perawatan rawat inap tidak harus datang ke RSUD Curup terutama yang penanganannya masih bisa dilakukan ditingkat Puskesmas. Karena dengan masih bisa dirawat di Puskesmas maka bisa membantu pihak keluarga untuk tidak jauh-jauh merawatnya ke RSUD Curup.

\"Bila sakitnya tidak terlalu parah dan bisa dirawat di Puskesmas maka cukup dirawat di Puskesmas, namun bila sudah parah maka harus dirujuk ke rumah sakit,\" papar Syamsir. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: