5 Desa Belum Cairkan ADD

5 Desa Belum Cairkan ADD

TAIS, bengkuluekspress.com - Hingga Juni ini, masih ada 5 desa lagi yang belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap satu. Padahal, ADD ini merupakan hak kades dan perangkat untuk pembayaran gaji mereka. Ke lima desa yang belum mencairkan ADD yaitu, Desa Lubuk Resam, Lubuk Betung, Ujung Padang , Padang Peri dan Padang Bakung.

Kepala BPKD Seluma Marah Halim SP MP MSi M Ak mengatakan bahwa, ke lima desa ini masih melengkapi berkas yang dibutuhkan. Sehingga, untuk ADD lima desa ini masih menunggu kesiapan berkas usulan dari desa itu masing-masing.

\"Mungkin masih ada kekurangan berkas yang harus dilengkapi. Kalau usulan itu lengkap, tentu akan langsung kami proses,\" sampainya.

Menurutnya, salah satu kendala belum dicairkannya ADD lima desa ini karena memang belum adanya persetujuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Penyebabnya, BPD di desa ini memang sudah habis masa jabatannya. Sehingga, beberapa BPD di desa itu masih kosong.

\"Salah satunya karena BPD nya belum ada. Jadi belum ada yang menyetujui untuk laporan realisasi sebelumnya,\" ucap Marah Halim.

Sementara itu, untuk Dana Desa (DD) tahap pertama, saat ini sudah 100 persen. Bahkan, sudah ada desa yang mengajukan untuk pencarian DD tahap kedua.

\'\'Tahap pertama DD sudah 100 Persen. Sekarang sudah pengajuan tahap kedua,\" sampainya.

Marah Halim berharap agar realisasi anggaran dana desa ini dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk masyarakat yang terdampak Covid 19. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: