Logistik BPBD Benteng Bakal Dipindahkan ke Shelter

Logistik BPBD Benteng Bakal Dipindahkan ke Shelter

BENTENG,bengkuluekspress.com- Setelah diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Tengah (Benteng), keberadaan shelter atau tempat evakuasi akibat bencana alam di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, bakal difungsikan. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benteng, Samsul Bahri SPd MM mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memindahkan logistik ke gedung shelter. \"Kapal dan perahu karet serta beberapa perlengkapan lain akan dipindahkan ke shelter,\" kata Samsul.

Menurut dia, beberapa perlengkapan tersebut memang sangat tepat diletakan di Desa Pondok Kelapa. Pasalnya, kawasan tersebut berada di kawasan tepi pantai dan rawan terjadi bencana banjir. \"Ketika ada banjir ataupun orang tenggelam, BPBD bisa lebih cepat bergerak melakukan pencarian,\" tegasnya.

Dijelaskan Samsul, bangunan yang merupakan bantuan dari negara Amerika Serikat tersebut memiliki 2 bangunan besar. Meliputi, gedung 1 tingkat setinggi 13 meter dan gedung 2 tingkat setinggi 15 meter. Shelter berfungsi sebagai tempat evakuasi sementara jika terjadi bencana banjir dan tsunami. Struktur bangunan juga dibangun kokoh dan mampu menampung banyak warga. Selain menjadi tempat evakuasi ketika terjadi bencana, gedung Shelter juga bisa digunakan sebagai tempat pelatihan, rapat, seminar ataupun kegiatan positif lainnya. \"Bantuan berupa gedung ini harus dijaga dengan baik. Jangan sampai rusak ataupun ada peralatan yang hilang. Karena itulah, kami akan menempatkan Satgas untuk melakukan penjagaan selama 24 jam,\" demikian Samsul.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: