Bupati Rejang Lebong Minta OPD Aktif Jemput Anggaran

Bupati Rejang Lebong Minta OPD Aktif Jemput Anggaran

CURUP,bengkuluekspress.com- Menyikapi masih minimnya anggaran pembangunan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini, Bupati Rejang Lebong Drs Syamsil Effendi MM meminta Organisasi Perangkat Daerh (OPD) di Kabupaten Rejang Lebong untuk aktif menjemput anggaran ke pusat melalui leading sektor terkait. \"Saya harap OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini aktif menjemput dana di pusat sehingga pembangunan di Rejang Lebong ini lebih maksimal lagi,\" harap bupati.

Menurut Bupati, bila hanya mengandalkan anggaran yang ada di APBD Kabupaten Rejang Lebong saja yaitu hanya sekitar Rp 350 miliar setiap tahunnya, maka pembangunan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tidak akan maksimal. Sebab masih banyak peluang anggaran dari pemerintah pusat yang bisa dibawa ke Kabupaten Rejang Lebong, seperti dari DAK maupun dana-dana lain. Dengan masih banyaknya peluang tersebut, maka OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong harus bisa mencarinya ke pemerintah pusat seperti melalui kementerian terkait. \"Sekarang kita sudah menyusun RPJMD kita selama lima tahun kedepan, oleh karena itu OPD harus bisa mencari dana ke pusat sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yang tertuang dalam RPJMD,\" paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husein SH menyatakan sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Rejang Lebong, agar OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong bisa menarik anggaran dari pemerintah pusat sebanyak mungkin. \"Gagasan pak bupati ini sangat baik, kita tidak bergantung kepada APBD saja, namun OPD terkit harus bisa mencari anggaran dari pusat untuk mendukung visi dan misi pak bupati,\" ungkap Mahdi.

Tak hanya OPD, menurut politisi Partai Golkar tersebut, DPRD Rejang Lebong juga akan membantun mencarikan solusi dan formulasi agar anggaran pusat bisa masuk ke Rejang Lebong. Karena menurut Mahdi banyak jalan untuk bisa mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat, baik dari jalur partai politik, jalur birokrasi dan jalur politis. Bila semua berkolaborasi, maka akan semakin banyak anggaran pusat yang masuk ke Rejang Lebong. \"Banyak jalur yang bisa kita lalui untuk mendapatkan anggaran, ada jalur politis, ada jalur partai politik ada jalur birokrasi, nanti akan kita bangun semua lini sehingga akan semakin banyak anggaran pusat yang masuk ke Rejang Lebong ini,\" demikian Mahdi.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: