780 Hektar Sawah Kekeringan, Dampak Pengeringan Bendungan Seluma

780 Hektar Sawah Kekeringan, Dampak Pengeringan Bendungan Seluma

TAIS, bengkuluekspress.com - Hingga memasuki bulan Juni ini, perbaikan saluran irigasi bendungan Seluma, tak kunjung rampung. Akibatnya, tanah sawah seluas 780 hektar di kawasan persawahan mengalami kekeringan dan beralih fungsi untuk menanam jagung.

\"Untuk kawasan Seluma Selatan sangat terdampak akibat perbaikan irigasi BS dan jelas ikut mengalmi penurunan penghasilan,\" tegas Plt Kepala Dinas Pertanian Arian Sosial SP MSi kepada BE.

Untuk mengurangi dampak akan pengeringan. Dinas Pertanian Seluma sudah membagikan benih jagung varietas setiap hektarnya 15 kg. Dengan rincian Seluma Selatan 8,925 ton benih, Seluma Kota 1,650 ton, Seluma Timur 540 kg dan Seluma Barat sebanyak 585 kg dan ini seluruhnya sudah di diatribusikan kepada kelompok. Agar bisa dilakukan penanaman dengan harapan bisa meraih hasil maksimal.

\"Untuk saat ini pada Kecamatan SAM yang menghasilkan padi terbesar sebelum Seluma Selatan yang terdampak perbaikan bendungan Seluma,\" sampainya.

Sementara itu saat ditanya kapan akan selesainya perbaikan bendungan Seluma ini, Arian tidak bisa menerangkan dan menjawab. Karena itu bagian dari kerja provinsi, kali ini Balai Sumatera 7.

\"Kita tidak tahu pasti, yang jelas benih ini sudah dibagikan seluruhnya,\" sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: