Aksi Seluma Melayani, Dinkes Gelar “Bumil Care”

Aksi Seluma Melayani, Dinkes Gelar “Bumil Care”

TAIS, bengkuluekspress.com - Dalam rangka aksi Seluma melayani, untuk memperingati HUT Seluma ke-18 tahun, Dinas Kesehatan Seluma menggelar Aksi Seluma melayani \" Bumil Care\". Hal ini, karena Seluma ditunjuk khusus oleh Pemerintah Pusat untuk penurunan angka kematian ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Sawaludin SSos mengatakan bahwa kegiatan ini digelar selain memperingati Hut Seluma, juga persiapan untuk memperingati hari lanjut usia nasional sehingga seluruh PKM juga ikut menggelar aksi untuk dilombakan secara nasional.

\"Untuk Bumil Care, kita Seluma sudah menjadi aalah satu narasumber tingkat nasional. Yaitu, Posyandu kungkai baru sebagai Posyandu remaja. Berkaitan dengan ibu hamil, di sana remaja mempunyai kemampuan khusus untuk memberikan penyuluhan ke remaja-remaja dan pengantin baru,\" jelas Rudi.

Tidak hanya Dinkes, lanjut Rudi, seluruh pelayanan masyarakat termasuk Puskesmas dan RSUD juga menggelar aksi sesuai dengan kreativitas mereka sendiri. Seperti, lakukan aksi kebersihan lingkungan, JKN, Terferivikasi JKN, termasuk pelayanan kesehatan, dan lainya.

Sementara itu, Wakil Bupati Seluma, Drs Gustianto mengatakan bahwa kepala daerah baru saat ini mempunyai program pelayanan masyarakat. Karena mengingat selama ini pelayanan sangat kurang langsung bersentuhan ke masyarakat.

\"Dengan adanya pimpinan baru ini, semoga seluruh pelayanan kesehatan termasuk di Pukesmas dan RSUD ada nilai tambah, baik kebersihan dan pelayanan langsung kemasyarakat,\" ujar Wabup.

Sementara itu juga, Ketua PKK Seluma, Herawati menyampaikan bahwa kedepan di seluma angka kematian ibu hamil dapat berkurang serta dan bayi lahir dengan berat badan yang di atas normal dapat di minimalisir.

\"Ke depan PKK akan langsung turun kelapangan untuk mensosialisasikan ke remaja-remaja untum kesiapan nanti setelah menikah. Termasuk untuk ibu hamil kita juga akan sosialisasikan untuk keselamatan saat melahirkan dan adanya bayi lahir dengan berat badan diluar normal,\" tutup Ibu Bupati Seluma, Herwati Octavian. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: