Mantan Pejabat Seluma Pungut Fee Proyek DAK

Mantan Pejabat Seluma Pungut Fee Proyek DAK

TAIS, bengkuluekspress.com - Sekalipun sudah tidak menjabat, ternyata mantan pejabat seluma \"aktif\" memintai fee untuk mendapatkan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma.

\"Kami sudah setor Rp 20 juta, ke oknum mantan pejabat tersebut. Tapi proyeknya belum jelas,\" ujar sumber media ini yang minta namanya tak disebut.

Dia mengatakan adanya fee untuk mendapatkan proyek di Dispendik Seluma bukan isapan jempol. Dengan terang-terangan oknum pejabat tersebut meminta fee 20 persen dari total anggaran proyek yang ada. Total ada 105 proyek DAK di Dispendik Seluma yang total anggarannya mencapai Rp 34 miliar.

\"Sudah menjadi rahasia umum itu. Tiap fee proyek itu pasti ada kami setor untuk mendapatkan proyek itu,\" katanya.

Untuk diketahui di tahun 2021 ini proyek di Dispendik Seluma tidak lagi dikerjakan secara swakelola. Semua proyek di pihak ketigakan. Sekolah hanya menerima hasil dari proyek maupun pengadaan yang anggarannya bersumber dari DAK tersebut. Dari 105 proyek tersebut, meliputi rehab ruang kelas, rumah dinas guru, pembangunan ruang UKS berikut perabotnya, pengadaan peralatan teknologi informasi dan pengadaan media pendidikan.

\"Dari sekian proyek tersebut ada yang lelang dan ada juga yang PL. Namun semua pakai fee,\" pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: