BSM Prioritaskan Pembiayaan UMKM

BSM Prioritaskan Pembiayaan UMKM

\"mandiriBENGKULU, BE - Bank Mandiri Syariah (BSM) memprioritaskan penyaluran pembiayaan bagi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Ini sesuai tujuan dibentuknya Bank Syariah berpelat merah ini untuk kemaslahatan dan pemberdayaan ummat.

\"Kita lebih mengutamakan UMKM karena sesuai dengan salah satu misi BSM yaitu mengutamakan penghimpunan dana konsumer dan penyaluran pembiayaan pada segmen UMKM,\" terang Pimpinan Cabang BSM Bengkulu, Adjitomo, kemarin.

Menurut Adjitomo dengan dibantunya UMKM dengan pembiayaan maka pasti akan membantu perekonomian suatu daerah seperti Bengkulu. Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM akan lebih mudah memberikan mengedukasinya dan lebih loyal terhadap perbankan. \"Risiko UMKM lebih kecil jika dibandingkan dengan corporate. UMKM lebih stabil dan jika mengalami kegagalan maka dampaknya akan lebih sedikit bagi bank.\" tambahnya.

Ia juga menilai dana konsumer sifatnya lebih bertahan jika dibandingkan dengan dana corporate. Selain itu nasabah konsumer juga sifatnya lebih stabil karena mereka akan benar-benar menabung dan melakukan penarikan sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan nasabah corporate meskipun jumlah uangnya yang ditabungkan dalam jumlah besar, tidak akan berlangsung lama.

\"Walau begitu bukan berarti kita tidak memberikan dana kepada corporate. Kita tetap bisa menerima jika ingin diberikan pembiayaan corporate,\" pungkas Adjitomo.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: