Dispar Benteng Gelar Pembinaan Usaha Pariwisata

Dispar Benteng Gelar Pembinaan Usaha Pariwisata

BENTENG,bengkuluekspress.com - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sedang gencar melakukan pembinaan usaha pariwisata. Tujuannya agar kebedadaan objek wisata bisa meningkatkan geliat ekonomi masyarakat. Kepala Dispar Benteng, Gunawan Wibisana SSTP MH, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Sandarman SSos mengatakan, masyarakat harus pandai dalam memanfaatkan peluang. Salah satunya ialah dengan membuka lapangan usaha atau pusat jajanan di kawasan objek wisata. \"Banyaknya kunjungan di lokasi objek wisata harus dimanfaatkan secara optimal. Selain memberikan pelayanan bagi pengunjung yang datang, jajanan atau kuliner menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat, \" kata Sandarman.

Dari hasil pendataan, aku Sandarman, beberapa desa telah memanfaatkan kesempatan di kawasan wisata. Diantaranya, di Desa Rindu Hati, Desa Bukit, Lagan Bungin, Pasar Pedati, Padang Betuah, Tanjung Heran, Penembang, Renah Kandis, Tanjung Terdana, Sukarami, Durian Demang dan area liku sembilan di Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung. \"Ada 13 desa di Kabupaten Benteng memiliki objek wisata yang ramai dikunjungi,\" jelasnya.

Selain itu, Sandarman menambahkan, pengelolaan wisata juga harus kreatif dan inovatif. Penambahan sarana dan prasarana yang menarik membuat objek wisata tersebut eksis dan selalu ramai dikunjungi. \"Pengelola harus memiliki ide kreatif untuk menarik wisatawan. Sehingga, desa wisata lebih dikenal dan ramai dikunjungi, \" tandasnya. (135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: