Aset Seluma Jadi Atensi KPK

Aset Seluma Jadi Atensi KPK

\"\"

TAIS, bengkuluekspress.com - Selain menjadi temuan tiap tahunnya sehingga menjadi atensi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ternyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyoroti aset bergerak dan aset tidak bergerak milik Pemkab Seluma. Sehingga menjadi fokus area pencegahan yang dalam pengawasan KPK di Kabupaten Seluma.

\"Pertama kami sampaikan pesan Ketua KPK kepada Bupati Seluma, agar tidak terjadi lagi korupsi di Pemkab Seluma mulai tahun ini dan seterusnya,\" tegas Kasatgas Koordinasi Pencegahan wilayah I KPK, Maruli Tua kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, KPK juga telah menyampaikan 8 fokus area korupsi untuk diperkuat pencegahannya. Pertama, mulai dari penganggaran, yang diharapkan tidak ada lagi join proyek. Kedua pengadaan barang dan jasa agar tidak di mark up dan Unit Kegiatan Pengelolaan Barang dan Jasa (UKPBJ) diperkuat. Ketiga mengenai perizinan. Diharapkan, jangan sampai ada lagi jual beli perizinan. sebab, perizinan itu harus profesional mudah dan jelas.

Keempat, Inspektorat agar pengawasan diperkuat, Sumber Daya Manusia (SDM), serta anggaran dan juga kewenangannya. Ke lima manajemen ASN. Dimana, kepala daerah harus memperhatikan, yang profesional dan yang berkompeten itu harus mendapatkan kepercayaan.

\"Ke enam harus dioptimalkan penerimaan pajak daerah, karena Seluma ini luas, penerimaan pajak agar lebih dioptimalkan, jangan sampai terjadi korupsi pada sektor penerimaan pajak,\" jelasnya.

Selanjutnya ketujuh, berkaitan dengan aset daerah, karena berdasarkan LBP BPK cukup banyak permasalahan aset yang juga berdampak pada permasalahan hukum. Sehingga menyebabkan kerugian daerah. Dan ke delapan, pencegahan korupsi dana desa. Karena, pengawasan pengelolaan dana desa harus lebih dioptimalkan, dengan ketersediaan yang ada.

\"Kami tetap akan memantau bagaimana komitmen bupati, supaya bisa menjaga dan membangun kelembagaan di Pemkab Seluma,\" jelasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: