SMAN 1 Benteng Gelar Pameran Lukisan dan Kuliner

SMAN 1 Benteng Gelar Pameran Lukisan dan Kuliner

BENTENG,bengkuluekspress.com - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar pameran lukisan dan kuliner khas Bengkulu, Selasa (9/1) pagi. Melalui kesempatan itu, seluruh siswa kelas XII diberikan kesempatan untuk memamerkan hasil karya mereka. Berupa lukisan dan aneka kuliner yang dibuat sendiri oleh para siswa. Kepala SMAN 1 Benteng, Eka Saputra SPd mengatakan, semua lukisan dan kuliner diberi penilaian oleh para dewan guru. Terutama guru mata pelajaran (Mapel) prakarya dan mata pelajaran kesenian. \"Semua yang dipamerkan merupakan hasil dari ujian praktik siswa kelas XII. Masing-masing siswa menampilkan 1 lukisan dan kuliner buatan sendiri, \" kata Eka.

Lebih lanjut, Eka Mengatakan, saat pandemi Covid-19, ujian praktik dilakukan di rumah masing-masing siswa. Khusus pembuatan lukisan, sudah dimulai sejak 1 bulan lalu dan diawali dengan pemberian materi secara Daring. Untuk pengerjaannya, siswa dikontrol langsung oleh guru Mapel. Yaitu, Yulismawati SPd guru Seni Budaya dan Elva Juwita MPd guru Mapel Prakarya. Saat ini, tambahnya, tercatat ada sebanyak 259 siswa kelas XII yang terbagi kedalam 3 kelas. Kelas IPA, IPS dan kelas Bahasam \"Pembuatan lukisan dan kuliner didokumentasikan atau divideokan oleh setiap siswa. Selanjutnya, video pembuatan kesenian dan prakarya diposting ke youtube. Semuanya, dimulai dari proses pembuatan sampai ke hasilnya,\" tambah Eka.

Lebih lanjut, Eka menambahkan, pameran seperti ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Selain memancing sikap percaya diri pelajar terhadap hasil karya mereka, pameran juga menjadi ajang untuk menggali bakat atau potensi yang dimiliki setiap siswa. \"Pantauan kami, banyak lukisan yang memiliki nilai estetika dan layak dijual. Begitu pula dengan kuliner yang dibuat, sangat lezat dan memiliki penampilan menarik. Jika dikembangkan, bakat yang dimiliki siswa bisa menjadi peluang berwirausaha, \" pungkas Eka. (135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: