Antisipasi Longsor, BPBD Benteng Tanam Rumput Vitiper

Antisipasi Longsor, BPBD Benteng Tanam Rumput Vitiper

BENTENG,bengkuluekspress.com - Ternyata banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor, salah satunya adalah dengan cara menanam rumput vitiper diatas permukaan tanah yang masuk kedalam kategori rawan longsor dan abrasi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah (Benteng), Samsul Bahri SPd MM mengatakan, rumput vitiper memiliki akar serabut yang mampu mengokohkan struktur tanah yang gembur. \"Rumput vitiper memiliki akar serabut yang sangat dalam. Bahkan, mencapai 4 meter,\" kata Samsul.

Dikatakan Samsul, keberhasilan rumput yang menyerupai serai tersebut dalam menangkal lonsor di daerah luar Provinsi Bengkulu. Hasil penelusuran, rumput vitiper bisa dilihat di Jawa dan Bandung. Bahkan, di Bandung rumput vitiper telah ditanam di sepanjang bantaran sungai. Informasi diperoleh, akar dari rumput tersebut juga bisa diolah menjadi minyak yang bernilai ekonomis tinggi. \"Selain mendukung program pemerintah untuk penghijauan, rumput vitiper juga tak terlalu banyak menelan dana atau anggaran,\" tambah Samsul.

Terkhusus di Kabupaten Benteng, Samsul menuturkan, pengadaan rumput vitiper bakal direalisasikan ditahun 2021. Anggaran bersumber dari hibah BNPB pusat sebesar Rp 200 juta dari total keseluruhan dana hibah sebesar Rp 25,3 miliar. \"Nanti akan ditanam di kawasan rawan longsor di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa dan kecamatan lain. Akan kita data dulu. Yang jelas, kawasan yang merupakan kewenangan Pemda Benteng, \" jelas Samsul. (135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: