Kursi DP II Bertambah, DP IV Susut

Kursi DP II Bertambah, DP IV Susut

\"FOTOTAIS, BE- Komposisi jumlah kursi legislatif per daerah pemilihan (DP) di Seluma pada pemilu 2014 mendatang mengalami perubahan. DP II Sukaraja pada pemilu 2009 lalu tersedia 9 dan kursi, pemilu mendatang bertambah menjadi 10 kursi. Namun penambahan ini tak mempengaruhi jumlah anggota DPRD Seluma, tetap 30 orang.

Kursi penambahan DP II tersebut diambil dari jatah kursi DP IV Semidang Alas (SA)-Semidang Alas Maras (SAM). Sebelumnya tersedia 6 kursi, pemilu mendatang menjadi tinggal 5 kursi. “Jumlah kursi untuk pemilu 2014 masing-masing, yakni DP I sebanyak 8 kursi, DP II 10 kursi, DP III 7 kursi dan DPl IV 5 kursi,” terang Ketua KPU Faisal Bustamam ketika melakukan Rakor di KPU Seluma, kemarin (26/2).

Dijelaskan lagi, jika pengurangan jumlah kursi ini berdasarkan jumlah penduduk di DP masing-masing. Kemudian, untuk mengetahui jumlah kursi di DP dilakukan dengan menghitung jumlah penduduk, dibagi jumlah suara untuk satu kursi sebanyak 6.821 mata pilih. Sehingga untuk DP II mengalami penaambahan, kemudian DP IV mengalami pengurangan sabanyak 1 kursi.

“Penghitungan ini bukanlah atas dasar KPU Kabupaten Seluma. Melainkan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan peraturan terbaru, sehingga ada pengurangan untuk jumlah kursi di DPl IV, dan penambahan di DP II,” ujarnya.

Sedangkan untuk kursi di DPRD Seluma tidak mengalami perubahan karena tetap 30 kursi untuk DPRD Seluma. Hanya saja, jika gugatan Pemkab BS dimenangkan oleh Pemkab BS, dan wilayah SA dan SAM menjadi wilayah BS, maka secara tidak langsung jumlah kursi pun berkurang.

“Semoga saja apa yang kita dikhawatirkan tidak terjadi serta tidak mengurangi jumlah kursi di DPRD Seluma nantinya,” terangnya.

Diketahui, dalam rapat koordinasi penataan DP siang kemarin dihadiri 6 pengurus partai yang ada di Kabupaten Seluma. Yakni Partai PAN, PDIP, Gerindra, Demokrat, PKS, dan Partai Nasdem. Sedangkan empat pengurus partai lainnya yakni Partai Golkar, PKB, PBB dan Hanura tidak hadir. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: