TPG 2 Bulan Belum Dibayar

TPG 2 Bulan Belum Dibayar

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Harapan para guru untuk menikmati Tunjangan Profesi Guru (TPG) sepertinya harus lebih bersabar lagi. Pasalnya 1.200 guru penerima TPG belum ada tanda-tandanya dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Rispin Junaidi MPd membenarkan belum bisa membayarkan TPG guru selama 2 bulan ini lantaran belum ada petunjuk dari pusat.

\"Dua bulan ini kami belum membayarkan TPG, sebab masih menunggu petunjuk dari pusat,\" katanya.

Dikatakan Rispin, jumlah anggaran TPG untuk 1.200 guru selama 2 bulan besarannya sekitar Rp 11 Miliar. Hanya saja saat ini pihaknya masih menunggu surat teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) Republik Indonesia (RI). Sebab dari surat teknis itu nanti terdapat teknis pembayaran serta Surat Keputusan (SK) terkait carry over (CO) atau status penundaan pembayaran TPG tersebut.

\"SK itulah yang nantinya menjadi landasan untuk pencairan dana TPG tersebut,\" ujarnya.

Dijelaskan Rispin, pihaknya saat ini terus mengupayakan untuk permohonan penerbitan SK CO tersebut ke Kemendikbud RI. Hanya saja, hingga saat ini informasi jadwal penerbitan belum juga pihaknya terima. Dirinya juga menegaskan, pembayaran dana TPG yang tersisa sudah pasti dibayarkan. Untuk itu, para guru tidak perlu khawatir, bahkan besaran dana yang dikeluarkan tetap sama dengan total tunjangan optimal yang diterima oleh guru. Dirinya mengaku penundaan pembayaran TPG bukan unsur kesengajaan. Akan tetapi saat ini dana yang dikucurkan memang memiliki kekurangan. Bahkan, totalnya hanya mencapai Rp 5 miliar saja. Dana tersebut jika dikalkulasikan hanya cukup untuk membayar satu bulan tunjangan sertifikasi saja.

\"Dana yang tersedia baru Rp 5 M, kami akan berkoordinasi dengan pihak BPKAD BS untuk membahas teknis pembayaran dana TPG tersebut. Mudah-mudahan SK CO segera dikeluarkan, agar bisa segera dibayarkan,” demikian Rispin. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: