515 Hektar Persawahan di Benteng Selesai Ditanam

515 Hektar Persawahan di Benteng Selesai Ditanam

PONDOK KELAPA,bengkuluekspress.com- Hingga pertengahan bulan Februari 2021, sebanyak 515 hektare (Ha) area persawahan di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) selesai digarap alias ditanami padi. Koordinator Penyuluh (Korluh) Wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, H Slamet SP mengatakan, total area persawahan secara keseluruhan mencapai 600 Ha. Paling banyak terdapat di Desa Sri Kuncoro, Panca Mukti, Sidodadi dan Pekik Nyaring. Selain itu, ada pula area persawahan yang tak begitu luas, diantaranya di Sunda Kelapa dan Pondok Kelapa. \"Memasuki masa tanam pertama ditahun 2021, kurang lebih 515 Ha sudah ditanami padi,\" ungkap Slamet usai memantau penananam padi bersama Kelompok Tani Anugrah di Desa Sri Kuncoro, Selasa (16/2).

Guna meningkatkan hasil produksi tanaman padi, tambah Slamet, pihaknya terus melakukan pendampingan kepada Poktan. Salah satu yang dilakukan adalah menanam padi dengan pola tanam jajar legowo (Jarwo) 4.1. Sehingga, memudahkan petani dalam melakukan penyemprotan, pengendalian gulma dan pengaturan air. \"Alhamdulillah, benih yang digunakan petani merupakan bantuan dari pemerintah pusat, yaitu jenis Cihereng. Khusus di wilayah Pondok Kelapa, bantuan benih yang disalurkan sebanyak 15 ton,\" bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Distan), Drs Supawan Said, melalui Kasi Produksi Tanaman Pangan, Ahlan Ternati mengatakan, area persawahan di Kabupaten Benteng yang tercatat dalam lahan pertanian dan pangan berkelanjutan (LP2B) sebanyak 2.188 Ha. Hanya saja, masih banyak pula lahan warga yang belum terdata. \"Hasil pendataan, rata-rata hasil produksi gabah kering panen (GKP) adalah 5,2 ton/Ha setiap kali masa panen,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: