Pilkades Kaur Siap Digelar

Pilkades Kaur Siap Digelar

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Sejumlah persiapan menjelang Pilkades pada 28 Februari di 115 desa nantinya, sudah rampung. Dimana logistisk berupa surat suara (Susu) dan kotak suara sudah siap tinggal proses penyusunan logistik dan pendistribusian. Begitu juga dengan Perda Pilkades ditengah Pandemi Covid-19 juga sudah disahkan DPRD Kaur dan masih menunggu evaluasi Gubernur dan memberikan nomor. Artinya tak ada lagi kendala untuk menggelar Pilkades serentak.

Hal ini dibenarkan Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur Donny Raspino, ST Rabu (3/2). Dikatakannya kebutuhan logistik itu memang dari awal sudah disiapkan untuk menggelar Pilkades pada 6 Februari. Mulai dari surat suara logistik lain juga sudah siap kecuali tambahan kotak suara yang kita susulkan.

“Jadi tinggal pelaksanaan, kita juga mendorong pihak desa dalam hal ini BPD membantu mempercepat APBDes diselesaikan sehingga bisa digelar Pilkades sesuai jadwal,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya sudah dijadwalkan menggelar Pilkades pada 6 Februari, namun sayangnya belum tiba waktunya ternyata masih ada kendala lantaran belum adanya Perda terkait dengan Pilkades ditengah Covid-19. Kendala lain yakni dalam surat edaran Mendagri juga mewajibkan desa yang jumlah pemilihnya lebih dari 500 pemilih dibagi menjadi dua TPS. Sehingga terdapat beberapa desa yang tak terpaksa merombak TPS dan juga panitia.

“Perombakan panitia ini sedang berlangsung untuk desa yang matapilihnya lebih dari 500 TPS,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: