Golput Pilgub Sumut Diprediksi 40 Persen

Golput Pilgub Sumut Diprediksi 40 Persen

\"ilustrasiMEDAN, BE-Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang akan 7 Maret 2013 mendatang diprediksi akan muncul angka golongan putih (Golput) 40 persen suara atau sekitar 4,1 juta pemilih. Angka tersebut dihitung dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 10.310.872 pemilih.

Pengamat politik di Sumut, Ahmad Taufan Damanik Taufan memprediksi partisipasi pemilih pada Pilgubsu nanti hanya diangka 60 persen, diperkirakan 40 persen angka golongan putih (golput) atau tidak menggunakan hak suara. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, khususnya di wilayah pedesaan banyak warga tidak mengetahui jadwal Pilgubsu 7 Maret 2013 dan di perkotaan warga tidak peduli lagi dengan pelaksanaan Pilkada.

Begitupun, paparnya tak sepenuhnya persoalan ini dikarenakan anggaran dan sosialisasi. Melainkan dikarenakan adanya persoalan geografis pegunungan dan pulau, sehingga sulit ditempuh. Sebelumnya, usai menandatangani naskah hibah dana Pilgubsu, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan, 21 Januari 2013 lalu, Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho sempat mengatakan kalau sosialisasi Pilgubsu memang minim.

Hal ini mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas). “Tadi sudah saya sampaikan bahwa, hasil survei Kesbangpolinmas yang bekerja sama dengan USU, masih 66 persen yang tahu dan mengerti Pilgubsu,” kata Gatot saat itu.

Hasilnya? “Tapi kebanyakan warga tak mengetahui jadwal Pilkada 7 Maret 2013, sedangkan diperkotaan tak mau memilih karena tidak suka dengan politik,” timpal Ahmad Taufan Damanik.

Sementara itu, Ketua KPUD Sumut, Irham Buana Nasution ketika membacakan hasil rapat pleno Perbaikan DPT Pilgubsu Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara, di Hotel Novotel, Senin (25/2) menyampaikan jumlah DPT Pilgubsu menjadi sebesar 10.310.872 pemilih.

Dalam rinciannya menyebutkan jumlah tersebut terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebesar 5.097.602 pemilih dan perempuan sebanyak 5.209.700 pemilih. “Total dari jumlah ini dibandingkan dengan jumlah DPT sebelumnya mencapai 15.859. Jumlah pemilih 10.310.872. Sebelumnya jumlah DPT Pilgubsu 2013 yang ditetapkan tanggal 08 Januari 2013 lalu yakni sebanyak 10.295.013 pemilih,” kata Irham. (jpnn) Pasangan cagub/cawagub Sumut 2013 1.    Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (PAN, Gerindra, PBB, PKB dan 20 parpol lainnya) 2.    Effendi Simbolon-Djumiran Abdi (PDIP, PPRN, PDS) 3.    Chairuman Harahap-Fadly Nural Pohan (Golkar, PPP, PPI, Partai Buruh, Partai Republikan) 4.    Amri Tambunan-Rustam Effendy Nainggolan (Partai Demokrat) 5.    Gatot Pujo Nugroho- Tengku Erry Nuradi (PKS, Hanura, Patriot, PBR, PKNU)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: