Awal Februari, 10 Pejabat dan 820 Nakes Kaur Disuntik

Awal Februari, 10 Pejabat dan 820 Nakes Kaur Disuntik

\"\"BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Sebanyak 1.680 vial vaksin Covid-19 akhirnya tiba di Kabupaten Kaur, Rabu (27/1) malam. Kedatangan vaksin tersebut dikawal ketat personel Satlantas Polres Kaur mulai dari pengambilan di Kota Bengkulu hingga ke gudang obat-obatan komplek perkantoran Padang Kempas.

“Alhamdulillah untuk vaksin sebanyak 1.680 vial itu sudah tiba di Kaur dan kini sudah kita simpan di gudang obat,” kata Kepala Dinas Dinkes Azwar SSos, Kamis (28/1).

Dikatakan Azwar, dengan telah tibanya vaksin Covid-19 tahap awal ini. Maka pihak Dinkes Kaur bersama RSUD Kaur diawal Februari 2021 ini akan mulai melakukan penyuntikan vaksin sinovac kepada 10 pejabat dan 820 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kaur. Dimana kesepuluh pejabat publik tersebut terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim, Ketua PN, Kajari dan lainnya. Sedangkan untuk para nakes yang diutamakan adalah mereka-mereka yang berada di garda terdepan seperti dokter, perawat, bidan hingga petugas laboratorium yang langsung terjun dalam penanganan pasien Covid-19. Baik di RSUD Kaur hingga di Puskesmas.

“Untuk tahap awal ini yang akan kita lakukan suntik vaksin itu ada 830 terdiri dari pejabat dan Nakes. Untuk penyuntikan akan kita lakukan awal Februari ini dan untuk harinya kita masih kordinasikan dulu dengan bapak Bupati, karena kita kapan beliau bisa disuntik vaksin ini,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac, setiap calon penerima harus memenuhi persyaratan. Yakni berusia 18 hingga 59 tahun tidak pernah atau tidak sedang terkonfirmasi Positif Covid-19, serta tidak memiliki penyakit penyerta. Hal tersebut juga berlaku untuk semua, termasuk seorang kepala daerah.

“Karena ini persyaratan yang memang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat, maka bagi kami yang ada di daerah hanya akan melaksanakan kebijakan tersebut. Intinya kami akan menyeleksi dari seluruh persyaratan dan nanti baru ketahuan yang mana tidak bisa divaksin,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Kaur H Nandari Munadi MSi juga menyampaikan, untuk vaksin Covid-19 tersebut masih disimpan di Gudang Dinas Kesehatan Kaur dan akan dilakukan penyuntika terhadap penerima diawal Februari 2021 ini. Menurut Sekda terkait dengan penyuntikan vaksin ini dirinya siap untuk dilakukan penyuntikan vaksin pada tahap pertama ini.

“Saya siap untuk disuntik vaksin tahap awal ini dan i penyuntikan vaksin ini juga bisa memberi testimoni kepada masyarakat Kaur. Karena dengan vaksin ini bisa mencegah wabah Covid-19 tapi intinya kita tetap selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: