Pocadi di Benteng Segera Dilaunching

Pocadi  di Benteng Segera Dilaunching

BENTENG, bengkuluekspress.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusip) Bengkulu Tengah (Benteng) akan segera melauncing kegiatan pojok baca digital (Pocadi. Rencananya, Pocadi akan ditempatkan di kantor Bupati Benteng. Kepala Dispusip Benteng, Dra Yulia Faridah MSi menjelaskan, Pocadi yang merupakan program nasional yang anggarannya berasal dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2020. Sebagai gambaran, Pocadi merupakan wadah atau tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan dengan menyediakan layanan digital (e-book ) dan layanan buku tercetak. \"Setelah dilaunching nanti, Kabupaten Benteng merupakan Kabupaten ketiga setelah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Seluma yang telah memiliki Pacodi,\" kata Yulia.

Dijelaskan Yulia, Pocadi dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Diantaranya, PC All-in-One 3 Unit, Digital Librarian Station 1 Unit, LED TV 43 Inch 1 Unit, TV Wall Bracket 1 Unit, UPS 1 Unit, Interior-Exterior dan Connectivity 1 Paket, Tablet Android 3 Unit, Casing Tablet Android 3. \"Layanan Pocadi bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Siapapun boleh berkunjung,\" jelasnya.

Selain akan melaunching Pocadi, Yulia menambahkan, Dispusip juga berencana akan melauncing buku sejarah pembentukan Kabupaten Benteng. Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan dan dokumen pembentukan kabupaten yang diambil dari tokoh presidium Benteng. \"Selain dalam bentuk buku, dokumen pembentukan Kabupaten Benteng juga tersedia dalam bentuk digital sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat,\" demikian Yulia.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: